Sejarah 5-9-1972: Teroris Black September Bantai 11 Orang Israel di Munich

Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
Sebelas orang Israel yang dibantai kelompok teroris Black September dalam serangan 5 September 1972 di Olimpiade Munich. Foto/REUTERS
MUNICH - 5 September 1972 atau 50 Tahun silam, kelompok milisi Palestina "Black September" membantai 11 orang Israel yang mengikuti ajang Olimpiade Musim Panas di Munich. Pembantaian itu dinyatakan sebagai serangan teroris .

Selama lebih dari seminggu, Olimpiade Musim Panas 1972 berlangsung tanpa insiden.

Mengutip Britannica, hari teror dimulai pada pukul 04.30 pagi pada tanggal 5 September 1972, ketika delapan milisi Palestina yang berafiliasi dengan Black September—sebuah cabang militan dari kelompok Fatah, Palestina, memanjat pagar yang mengelilingi Desa Olimpiade di Munich.

Menyamar sebagai atlet dan menggunakan kunci curian, mereka memaksa masuk ke seperempat tim Olimpiade Israel di 31 Connollystrasse.

Ketika mereka mencoba memasuki Apartemen 1, mereka diadang oleh Yossef Gutfreund, seorang wasit gulat, dan Moshe Weinberg, seorang pelatih gulat.





Weinberg tertembak saat berkelahi dengan para penyerang, yang memaksanya dengan todongan senjata untuk membawa mereka ke kamar para pelatih dan atlet Israel yang tersisa.

Weinberg memimpin penyerang melewati Apartemen 2—yang juga digunakan oleh tim Israel—karena dia percaya bahwa pegulat dan atlet angkat besi di Apartemen 3 akan lebih mampu melawan balik.

Namun, Black September memiliki rencana rinci tentang Desa Olimpiade dan disposisi para atlet Israel.

Shaul Ladany, seorang pejalan kaki yang selamat dari serangan setelah melarikan diri dari Apartemen 2, menduga bahwa kemungkinan besar kamarnya dilewati karena dia ditempatkan bersama anggota tim tembak Israel.

Para teroris telah berjuang untuk menaklukkan orang-orang tak bersenjata di Apartemen 1; kecil kemungkinan mereka ingin terlibat dalam baku tembak jarak dekat dengan sniper kelas dunia di menit-menit pembukaan operasi mereka.

Di Apartemen 3 para teroris mengumpulkan lebih banyak sandera dan memaksa mereka kembali ke Apartemen 1.

Pegulat Gad Tsabari memisahkan diri dari kelompok dan berlari menuruni tangga menuju garasi parkir bawah tanah, dan Weinberg memanfaatkan kebingungan untuk kembali melawan para penyerang. Weinberg hampir menguasai senjata teroris ketika dia ditembak dan dibunuh.

Meski menggunakan kruk karena cedera saat bertanding, Yossef Romano, seorang atlet angkat besi, juga berusaha melucuti senjata salah satu teroris.

Romano terbunuh dan tubuhnya yang dimutilasi ditinggalkan di lantai Apartemen 1 sebagai peringatan.

Sementara dua warga Israel terbaring tewas di Desa Olimpiade dan sembilan lainnya disandera, namun ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Avery Brundage bersikeras agar pertandingan dilanjutkan.

Para teroris menuntut pembebasan lebih dari 200 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, pembebasan Andreas Baader dan Ulrike Meinhof dari Fraksi Tentara Merah dari penjara Jerman Barat, dan penyediaan pesawat untuk menerbangkan mereka ke tujuan yang aman di Timur Tengah.

Sementara negosiasi sedang berlangsung, upaya penyelamatan yang direncanakan harus dibatalkan ketika disadari bahwa tindakan polisi Jerman disiarkan langsung ke hampir 1 miliar orang di seluruh dunia.

Sekitar pukul 22.00 pada tanggal 5 September, percaya bahwa mereka telah mencapai kesepakatan, para teroris membawa sandera mereka yang diikat dan ditutup matanya dari tempat tinggal mereka ke dalam bus yang mengangkut mereka ke helikopter yang menunggu.

Helikopter membawa mereka ke Pangkalan Udara Fürstenfeldbruck, 15 mil (25 km) barat Desa Olimpiade, di mana polisi sedang melakukan penyergapan.

Meskipun tentara Jerman Barat memiliki pelatihan dan peralatan yang lebih baik untuk misi semacam itu, di bawah konstitusi pascaperang Jerman Barat, angkatan bersenjata dilarang membantu polisi sipil.

Sniper polisi yang digunakan dalam operasi tersebut belum menerima pelatihan formal sebagai sniper, mereka ditempatkan secara tidak tepat dan jumlahnya tidak memadai, dan mereka tidak memiliki radio untuk berkomunikasi satu sama lain atau dengan komandan.

Selain itu, mereka dipersenjatai dengan senapan serbu daripada senapan sniper, dan senjata mereka tidak memiliki jangkauan jarak jauh atau kemampuan penglihatan malam.

Di landasan pangkalan udara ada Boeing 727 yang diisi 17 petugas polisi yang menyamar sebagai awak pesawat Lufthansa.

Dimaksudkan bahwa para petugas ini akan menaklukkan para teroris setelah mereka naik ke pesawat, tetapi polisi dengan suara bulat memilih untuk meninggalkan pos mereka.

Mobil lapis baja yang akan membantu penyelamatan orang Israel terlambat dikirim dan terjebak macet. Dengan segudang kegagalan dalam perencanaan dan pelaksanaan, hasilnya adalah bencana di hampir setiap tingkat.

Helikopter tiba sekitar pukul 22.30, dan dua teroris pergi untuk memeriksa pesawat jet tersebut. Merasa kosong dan menyadari penipuan, mereka berteriak kepada rekan-rekan mereka, di mana polisi Jerman Barat menembaki mereka.

Baku tembak pun terjadi, dan beberapa teroris serta seorang polisi tewas. Awak penerbangan helikopter berlari mencari perlindungan, tetapi para atlet Israel terikat bersama dan terjebak.

Setelah keributan awal, di mana para teroris juga menembakkan lampu sorot yang telah menerangi landasan, adegan itu menjadi kebuntuan yang tegang diselingi oleh tembakan sporadis.

Penonton mengelilingi lapangan terbang, dan penyiar olahraga Jim McKay, yang menjadi pembawa liputan Olimpiade untuk jaringan ABC Amerika Serikat, memberikan pembaruan awal kepada pemirsa televisi.

Pada tengah malam, seorang pejabat Jerman mengumumkan bahwa semua sandera telah dibebaskan dan semua teroris telah tewas, sebuah laporan yang terbukti prematur secara tragis.

Tepat setelah tengah malam, seorang teroris melemparkan granat tangan ke salah satu helikopter, membunuh semua kecuali satu sandera Israel di dalamnya; David Berger, seorang pegulat kelahiran Amerika. Berger akhirnya meninggal karena menghirup asap sebelum personel penyelamat bisa menghubunginya.

Teroris kedua menyerang bagian dalam helikopter lainnya dengan peluru dari jarak dekat, membunuh lima orang Israel yang tersisa.

Terlambat untuk membantu upaya penyelamatan, mobil lapis baja akhirnya mencapai landasan pacu, tetapi kru mereka tidak memiliki pengetahuan tentang penempatan personel polisi di lapangan dan tidak ada cara untuk berkomunikasi dengan mereka.

Seorang pria bersenjata berlari menuju posisi di mana salah satu pilot helikopter dan sniper polisi berlindung. Teroris ditembak dan dibunuh oleh sniper, tetapi pergerakan di landasan pacu yang gelap memicu tembakan dari salah satu mobil lapis baja, dan baik pilot maupun sniper terluka parah oleh insiden friendly-fire,

Pada pukul 12.30 pada tanggal 6 September, penembakan telah berhenti, dan teror selama 20 jam berakhir. Sebelas orang Israel tewas, bersama dengan satu polisi Munich, dan lima teroris Black September terbaring tewas. Tiga dari kelompok bersenjata ditangkap.

Pada pukul 03.00 pagi, McKay, yang telah mengudara dari Desa Olimpiade selama 14 jam berturut-turut, merangkum hasil tragis dari penyelamatan yang gagal dengan kata-kata; "Mereka semua pergi."

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Olimpiade ditangguhkan, selama 24 jam, sebagai penghormatan kepada para atlet yang terbunuh.

Pada upacara peringatan pada 6 September, Brundage [otoritas olahraga Jerman Barat] mengumumkan bahwa Olimpiade akan berlanjut. Dia kemudian menarik persamaan antara pembunuhan 11 orang Israel dan keputusan IOC untuk melarang Rhodesia [sekarang Zimbabwe] dari kompetisi di Munich.

Rhodesia telah dilarang karena kebijakan rasisnya, dan Brundage, yang telah mendukung penyertaan Rhodesia dalam ajang olahraga, tampaknya menganggap keputusan IOC sebagai serangan pribadi.

Banyak orang di stadion dan di seluruh dunia tercengang oleh pernyataan tidak berperasaan itu, dan Brundage kemudian meminta maaf.

Namun demikian, pembantaian Munich dan penolakan Brundage untuk memahami pentingnya darah Yahudi yang ditumpahkan di tanah Jerman akan menutupi dua dekade pengabdiannya sebagai kepala IOC.

Respons Jerman dan Israel

Penyelidikan atas tragedi itu, yang dilakukan oleh pemerintah federal Jerman, pemerintah Bavaria, dan polisi Munich, menemukan bahwa serangan itu tidak dapat dihindari.

Pejabat yang terlibat secara efektif membebaskan polisi dan diri mereka sendiri. Mereka mencapai kesimpulan ini meskipun telah mengeluarkan sebuah laporan yang telah meramalkan serangan Black September dengan kekhususan yang menghantui.

Pada bulan-bulan sebelum Olimpiade, panitia penyelenggara Olimpiade Munich telah meminta psikolog polisi Georg Sieber untuk menelaah lusinan skenario keamanan terburuk.

Di antara 26 kemungkinan yang diusulkan oleh Sieber adalah serangan terhadap ajang Olimpiade oleh Tentara Republik Irlandia, Fraksi Tentara Merah, ETA, dan kelompok teroris lainnya.

Sieber's Situation 21 memprediksi selusin pria bersenjata Palestina akan memanjat pagar Desa Olimpiade pada pukul 05.00 pagi, menangkap sandera Israel, membunuh satu atau dua orang, dan mengeluarkan tuntutan untuk pembebasan tahanan dari penjara Israel dan sebuah pesawat untuk menerbangkan mereka ke Timur Tengah.

Panitia penyelenggara memutuskan bahwa mempersiapkan ancaman seperti yang diusulkan oleh Sieber akan menciptakan lingkungan keamanan yang tidak sesuai dengan visi mereka untuk Olimpiade.

Beberapa jam setelah serangan di Desa Olimpiade, Sieber diberhentikan dari posisi penasihatnya oleh aparat administratif yang sudah mulai bekerja untuk menyembunyikan bukti kesalahannya.

Pada tanggal 29 Oktober, kurang dari dua bulan setelah pembantaian, dua teroris Black September membajak sebuah Lufthansa Boeing 727 dalam perjalanan dari Damaskus, Suriah, ke Frankfurt dan mengancam akan meledakkannya, bersama awak dan penumpang, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Pesawat yang dibajak itu mengitari Zagreb, Yugoslavia (sekarang Kroasia), sementara tiga pria bersenjata Munich yang masih hidup, yang telah menunggu persidangan, dibawa dari penjara terpisah dan diterbangkan ke Zagreb dengan jet pribadi.

Para gerilyawan dibawa naik Boeing, yang kemudian terbang ke Tripoli, Libya, di mana para penumpang dan awak dibebaskan dan para teroris disambut sebagai “pahlawan operasi Munich".

Israel tidak pernah diajak berkonsultasi tentang pertukaran itu, dan ketergesaan yang tidak semestinya yang dengannya otoritas Jerman Barat menyetujui tuntutan para pembajak menimbulkan pertanyaan tentang kemungkinan keterlibatan mereka.

Perdana Menteri Israel saat itu, Golda Meir, menanggapi dengan mengesahkan Operasi Wrath of God, kampanye pembunuhan yang ditargetkan terhadap operator dan penyelenggara Black September.

Setelah serangkaian operasi spektakuler memotong petak melalui kepemimpinan senior Palestina, program itu dihentikan pada Juli 1973 ketika regu pembunuh keliru membunuh seorang pria tak bersalah di Lillehammer, Norwegia.

Pada tahun 1977 Abu Daoud, perencana serangan Munich, ditangkap di Prancis, tetapi permintaan ekstradisi Jerman Barat ditolak karena alasan teknis, dan dia dibebaskan dan diterbangkan ke kebebasan di Aljazair.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More