Uni Eropa Terpecah Soal Larangan Turis Rusia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 19:50 WIB
Uni Eropa terpecah soal larangan untuk turis asal Rusia. Foto/Ilustrasi
BRUSSELS - Seruan untuk melarang turis asal Rusia melancong ke negara Eropa sebagai bentuk sanksi atas invasiMoskowke Ukraina telah membuat Uni Eropa (UE) terpecah.

Dalam pertemuan para menteri luar negeri UE di Praha, Republik Ceko, permasalahan ini menjadi perdebatan. Sementara negara-negara UE bersatu dalam melarang penerbangan Rusia dari wilayah udara mereka dan menempatkan lebih dari 1.200 orang dalam daftar sanksi mereka, larangan total terhadap turis Rusia terbukti jauh lebih memecah belah.

Adalah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang menyerukan hal itu.



“Biarkan mereka hidup di dunia mereka sendiri sampai mereka mengubah filosofi mereka,” katanya dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post bulan ini.

“Ini adalah satu-satunya cara untuk mempengaruhi Putin,” sambungnya seperti dikutip dari media yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu, Selasa (30/8/2022).

Seruan Zelensky ini mendapat dukungan dari negara UE yang berbatasan dengan Rusia - negara Baltik dan Finlandia - serta dari Polandia dan Republik Ceko.

"Larangan bepergian adalah cara lain untuk menyampaikan pesan kami kepada orang-orang Rusia bahwa Kremlin harus menghentikan perang genosida terhadap rakyat Ukraina,” kata Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dalam sebuah email.



“Orang-orang mengubah pola pikir mereka begitu hak istimewa mereka dipotong dan kesejahteraan mereka terpengaruh,” ia menambahkan.

Tapi anggota UE yang lain, terutama Jerman dan Prancis, sangat menentang gagasan tersebut. Mereka mengatakan tidak adil dan tidak bijaksana untuk menghukum semua orang Rusia atas apa yang disebut Kanselir Jerman Olaf Scholz sebagai “perang Putin.”

Menurut mereka pembatasan visa mungkin menyusutkan jumlah rute pelarian yang semakin berkurang bagi para kritikus, dan dapat menyegel lebih banyak orang ke dalam ruang gema Kremlin, bermain untuk klaim tentang penganiayaan Barat.

“Anda berisiko membuat UE menjadi orang jahat di mata warga Rusia yang mungkin tidak mendukung rezim, atau mendukung perang,” kata salah satu diplomat UE, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas percakapan pribadi menjelang pertemuan di Praha.

Pertemuan itu sendiri tidak dapat menyelesaikan permasalahan siapa yang diizinkan untuk mengunjungi dan dengan persyaratan apa. Diplomat UE lain yang mengetahui perdebatan itu mengatakan akan menjadi awal informal dari diskusi bukan kata akhir tentang apa, jika ada, yang akan terjadi selanjutnya.

Salah satu kompromi potensial akan menjadi penangguhan penuh perjanjian fasilitasi visa 2007 dengan Rusia, sehingga lebih sulit dan mahal bagi warga Rusia mendapatkan visa turis, menurut diplomat.

Meskipun Zelensky wawancara dengan Washington Post menyarankan pembatasan perjalanan harus berlaku untuk semua orang Rusia, termasuk ekspatriat, tampaknya hanya ada sedikit dukungan untuk langkah semacam itu.



Sebagian besar diskusi saat ini berpusat pada visa kunjungan singkat yang memungkinkan perjalanan hingga 90 hari di seluruh "zona Schengen" 26 negara. Menurut data UE, sebelum pandemi, lebih dari 4 juta visa itu dikeluarkan di Rusia pada 2019.

Negara-negara anggota UE sedang memperdebatkan bagaimana menjaga pintu mereka tetap terbuka bagi para pegiat hak asasi manusia dan pembangkang, serta apakah dan bagaimana membuat pengecualian untuk kelompok-kelompok seperti anggota keluarga, pelajar, dan ilmuwan.

Sejak invasi Rusia, Republik Ceko, Lithuania, Latvia, dan Estonia semuanya berhenti mengeluarkan visa kunjungan singkat kepada warga negara Rusia. Estonia juga telah bergerak untuk membatalkan visa kunjungan singkat yang dikeluarkan sebelumnya, sementara Latvia mengharuskan pelancong Rusia masuk dengan visa yang ada untuk menandatangani pernyataan menentang perang.

Sementara itu, Finlandia telah mengumumkan akan memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk Rusia sebesar 90 persen mulai 1 September.

“Tidak benar bahwa pada saat yang sama ketika Rusia melancarkan perang agresi yang agresif dan brutal di Eropa, Rusia dapat menjalani kehidupan normal, bepergian di Eropa, menjadi turis. Itu tidak benar," kata Perdana Menteri Sanna Marin kepada kantor berita Finlandia.

Orang Eropa musim panas ini marah dengan laporan berita tentang barisan kendaraan mewah Rusia di bandara Helsinki. Dengan berlakunya larangan penerbangan Rusia yang meluas, orang-orang Rusia yang ingin berlibur di Eropa harus berkendara ke negara-negara tetangga dan terbang dari sana.

Tetapi Finlandia dan negara Baltik mengatakan hanya ada begitu banyak yang dapat mereka lakukan sendiri untuk membatasi pariwisata Rusia dan menghindari penyalahgunaan sebagai rute transit. Para pejabat mengeluh bahwa banyak turis Rusia datang dengan visa kunjungan singkat yang dikeluarkan oleh negara-negara Schengen lainnya.



“Kita harus mengatakan ‘tidak’ dengan jelas kepada pengendara bebas Rusia yang tidak tahu malu di perbatasan,” tulis Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis dalam sebuah opini untuk Politico yang menyerukan “solidaritas visa” di dalam Uni Eropa.

Seperti orang lain yang menganjurkan pembatasan pariwisata Rusia, dia menyarankan bahwa visa harus tetap tersedia atas dasar kemanusiaan — membiarkan pintu Eropa terbuka bagi para aktivis demokrasi dan mereka yang dianiaya oleh rezim otoriter Moskow dan Minsk.

Para pemimpin dan pejabat lain mengatakan gagasan menargetkan warga Rusia sehari-hari untuk menghukum Putin adalah gagasan yang salah.

Beberapa orang mempertanyakan apakah pelarangan pariwisata pada kenyataannya akan mendorong rakyat Rusia untuk menentang perang, apalagi pemerintah.

“Gagasan bahwa memaksa orang Rusia untuk tinggal di rumah entah bagaimana akan membuat mereka mengubah kebijakan Kremlin dipertanyakan bahkan jika negara Rusia adalah negara demokrasi, dan sangat menggelikan mengingat itu sama sekali tidak,” tulis Anna Arutunyan, seorang jurnalis dan penulis Rusia-Amerika, dalam sebuah opini untuk Moscow Times.

“Tidak ada bukti sejarah apa pun bahwa perbatasan yang tertutup membuat orang mendorong perubahan demokrasi,” lanjutnya. "Hanya ada bukti sebaliknya," tegasnya.

Dalam sebuah makalah diskusi yang diedarkan menjelang pertemuan minggu ini, Prancis dan Jerman menentang larangan total dengan alasan bahwa mengalami kehidupan dalam sistem demokrasi secara langsung dapat memiliki “kekuatan transformatif” bagi Rusia, menurut kantor berita Jerman, DPA.



“Kebijakan visa kami harus mencerminkan itu dan terus mengizinkan orang-orang untuk kontak orang-orang di UE dengan warga negara Rusia yang tidak terkait dengan pemerintah Rusia,” tulis surat kabar itu.

Menanggapi itu, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, debat visa UE menunjukkan "benar-benar tidak ada alasan."

"Ini adalah keputusan yang sangat serius yang mungkin ditujukan terhadap warga kita," katanya, dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.
(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More