Israel Terima Lebih Banyak Yahudi Rusia Dibanding dari Ukraina

Rabu, 27 Juli 2022 - 12:05 WIB
Sebagian besar warga Rusia tiba di Israel dengan visa turis seperti ini sejak konflik dimulai pada 24 Februari.

Penerbangan Rusia

Sejak awal operasi Moskow di Ukraina, sejumlah besar warga Rusia telah meninggalkan negara itu, menjadi eksodus Rusia terbesar dalam sejarah modern.

Sementara Ukraina melarikan diri dari kehancuran yang disebabkan pemboman dan penembakan, warga Rusia melarikan diri karena alasan lain.

Beberapa dari mereka mengaku menolak tindakan militer Rusia terhadap Ukraina.

Sementara yang lain mengeluh sanksi ekonomi yang melumpuhkan yang dikenakan Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan negara-negara lain telah mempengaruhi mata pencaharian mereka, karena perusahaan-perusahaan internasional telah menghentikan operasi mereka di Rusia.

Beberapa laporan menunjukkan sekitar satu juta orang Rusia telah melarikan diri ke negara-negara yang tidak memerlukan visa untuk warga Rusia, seperti Georgia dan Armenia.

Beberapa tujuan imigrasi populer lainnya termasuk Turki dan Azerbaijan. Dubai, Yunani, Bulgaria, Serbia, dan bahkan Amerika Latin juga telah menerima sejumlah besar imigran Rusia.

Di tengah tingginya permintaan untuk Aliyah, Kementerian Dalam Negeri Israel tidak dapat menawarkan janji selama berbulan-bulan.

Eksodus Ukraina Melambat

Sementara itu, jumlah orang Yahudi Ukraina yang terbang ke Israel telah menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Hal itu terbukti dari penurunan jumlah orang yang tinggal di tempat penampungan di Ukraina, Polandia dan negara-negara tetangga lainnya yang dijalankan Jewish Agency, badan pemerintah Israel yang membantu upaya imigrasi.

Kementerian Dalam Negeri Israel mengumumkan pada awal Maret bahwa hanya "halachic" Yahudi Ukraina, mereka yang lahir dari ibu Yahudi, yang akan diterima di Israel.

Di bawah hukum Israel, orang Yahudi yang ingin berimigrasi ke Israel diminta membawa keluarga mereka jika mereka juga ingin mendapat manfaat dari hak kewarganegaraan.

Jika keluarga mereka tetap tinggal, mereka tidak diizinkan untuk mendaftar secara terpisah nanti.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More