Pakar Militer: Jet Tempur Korsel-Indonesia KF-21 Bukan Tandingan Jet Siluman J-20 China

Selasa, 26 Juli 2022 - 08:57 WIB
Namun, meskipun desain aerodinamis KF-21 mengadopsi banyak fitur dari pesawat tempur siluman, penerbangan uji coba menunjukkan bahwa ia membawa empat model rudal pada hard point eksternal, menunjukkan kemampuan siluman yang sangat terbatas.

Mesin F414-GE-400K buatan Amerika untuk KF-21 juga merupakan kekurangan yang jelas, karena kekuatannya tidak akan mampu menandingi kebutuhan pesawat tempur generasi kelima untuk supercruise dan kemampuan manuver.

Meskipun demikian, dengan avionik canggih seperti radar active electronically scaned array (AESA), pod penargetan elektro-optik, sistem pencarian dan pelacakan inframerah, dan persenjataan yang mumpuni termasuk rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan, KF-21 memenuhi syarat untuk menjadi pejuang generasi keempat atau empat plus modern.

“KF-21 bahkan bukan pesaing [jet tempur] FC-31 China, apalagi J-20,” kata Antony Wong Tong, seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (26/7/2022).

“Tapi itu bisa menjadi lawan yang baik untuk varian J-10 nanti.”

Chengdu J-10 adalah pesawat tempur multi-peran generasi keempat buatan China yang diperkenalkan pada tahun 2005, dengan ratusan unit sekarang dalam pelayanan.

Sebagai jet bermesin tunggal, J-10 relatif lebih sempit dan lebih ringan dari KF-21.

Varian terbarunya, J-10B dan J-10C, juga dilengkapi dengan avionik canggih seperti radar AESA, sensor target elektro-optik dan pencari inframerah, dan mereka juga membawa senjata yang kuat.

Shenyang FC-31 adalah pesawat tempur generasi kelima kedua China, yang melakukan uji terbang pertamanya pada tahun 2012 dan masih dalam pengembangan.

Baik KF-21 dan FC-31 adalah pesawat tempur twinjet medium, dengan ukuran dan spesifikasi yang sama, dan bahkan beberapa kemiripan dalam siluetnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More