6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk

Senin, 25 April 2022 - 22:46 WIB
Selain itu, berbagai pantai di Indonesia juga menjadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah pantai Kuta di Bali.

Baca Juga: Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter
3. Norwegia

Norwegia adalah sebuah negara negara Nordik yang terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat dan berbatasan dengan Swedia, Finlandia, Rusia, dan Britania Raya di sebelah Barat Daya.

Negara yang terkenal dengan sejarah Viking ini memiliki panjang garis pantai mencapai 58.133 kilometer. Garis pantai negara tidak teratur dan menjorok dengan banyak fjord serta pulau di sepanjang pantainya. Beberapa pantainya yang terkenal adalah Pantai Hoddevik, Sola, dan Bunes.

4. Rusia

Negara terluas di dunia ini wilayahnya mencakup sekitar seperdelapan luas daratan bumi. Dengan luas wilayah sekitar 17.125.200 kilometer persegi, Rusia memiliki garis pantai sepanjang 37.653 kilometer.

Garis pantainya tersebar di Samudra Pasifik hingga Laut Azov di barat dayanya. Sebagian besar penduduk Rusia mendiami sepanjang garis pantai dengan sejumlah kota besar seperti St.Petersburg, Yalta, dan lainnya.

Selain menjadi negara dengan garis pantai terpanjang keempat, Rusia juga memiliki sungai terpanjang di Eropa, yaitu Volga dan danau terbesar di Eropa, yaitu Danau Ladoga.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More