Tegang dengan China, 2 Kapal Induk dan 26 Jet F-35 AS Manuver di Laut Filipina

Senin, 24 Januari 2022 - 13:02 WIB
Dua kapal induk bersama tujuh kapal perang dan 26 jet tempur siluman F-35 AS latihan tempur di Laut Filipina saat ketegangan dengan China memanas. Foto/US Navy
MANILA - Dua kapal induk bertenaga nuklir bersama 26 unit jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) menggelar latihan tempur dengan Angkatan Laut Jepang di Laut Filipina. Manuver ini berlangsung ketika ketegangan dengan China terus memanas.

Kapal induk USS Carl Vinson (CVN-70) dan USS Abraham Lincoln (CVN-72) memimpin latihan tempur yang dimulai hari Minggu (23/1/2022), diapit oleh tujuh kapal perang Amerika lainnya dan sebuah kapal perang Jepang.



Tujuh kapal perang Amerika yang ambil bagian dalam latihan itu antara lain kapal serbu amfibi USS America (LHA-6) dan USS Essex. Kemudin kapal penjelajah rudal berpemandu USS Mobile Bay (CG-53) dan USS Lake Champlain (CG-57) dan kapal perusak USS Spruance (DDG-111), USS Chafee (DDG-90), dan USS Gridley (DDG-101).

Sedangkan kapal perang Jepang yang ambil bagian dalam manuver ini adalah JS Hyuga (DDH-181).



Komandan Armada ke-7 AS, Wakil Laksamana Karl Thomas, menyebut unjuk kekuatan ini sebagai manuver kebebasan navigasi terbaik.

Dia mengeklaim bahwa tidak ada yang mempertanyakan kembali komitmen Washington untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Dua Kelompok Tempur Kapal Induk dan dua Kelompok Siap Amfibi berlayar bersama teman-teman dekat kita dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang," kata Thomas, seperti dikutip dari USNI News, Senin (24/1/2022).

Latihan itu dilakukan di suatu tempat di Laut Filipina yang mencakup perairan timur Taiwan. Itu adalah yang terbesar dari jenisnya sejak AS, Inggris, dan Jepang mengadakan latihan besar-besaran di tenggara Okinawa Oktober lalu.

China melakukan aksi militernya sendiri di wilayah itu pada hari Minggu, membuat Taiwan khawatir dengan serbuan 39 pesawat militer, termasuk sebuah pesawat pengebom.

Ke-39 pesawat militer Beijing itu memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

Sebagai respons, Taiwan mengerahkan beberapa jet tempur dan mengaktifkan sistem pertahanan rudal.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More