Media Polandia Tuding Kapal Selam Rusia Berusaha Curi Sonar Fregat Inggris

Selasa, 11 Januari 2022 - 21:18 WIB
Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan insiden yang dicurigai itu pekan lalu.

“Satu kapal selam Rusia yang dilacak kapal perang Inggris bersentuhan dengan sonar yang ditariknya,” papar juru bicara Kemhan Inggris.

Militer Inggris mengatakan helikopter Merlin HMS Northumberland telah melihat periskop kapal selam di dekatnya sebelum insiden itu terjadi.

Kementerian Pertahanan Inggris tidak merinci nasib sonar tersebut. Namun, sumber Angkatan Laut Kerajaan yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Sun bahwa, “Perangkat itu telah dibiarkan dikunyah dengan buruk dan tidak dapat digunakan setelah diseret di atas lambung kapal selam."

"Awak kapal selam akan membawa kotoran sendiri selama kecelakaan itu, mendengar suara yang sangat tiba-tiba dan tak terduga seperti garpu yang diseret di atas parutan keju," ujar sumber itu.

Northumberland dikatakan telah dipaksa membatalkan misinya dan kembali ke pelabuhan setelah insiden tersebut untuk memeriksa kerusakan.

Mantan komandan Angkatan Laut Kerajaan Inggris Tom Sharpe tidak mengesampingkan terjadinya sabotase.

“Fregat kelas itu, dioperasikan dengan baik dan dijalankan dengan baik, sangat, sangat tersembunyi. Mungkin saja kapal selam itu lebih dekat dari yang diperkirakan,” papar Sharpe.

“Jika tidak, Anda mulai cenderung berpikir bahwa mungkin itu bukan kecelakaan. Mungkin itu disengaja. Saya tidak ingin membuat tuduhan, tetapi itu telah terjadi sebelumnya, jadi itu adalah opsi dalam kasus ini,” ujar Sharpe dalam wawancara dengan Forces News.

Array sonar Type 2087 yang dibawa kapal fregat itu mampu melakukan operasi pasif dan aktif, dibuat oleh perusahaan pertahanan Prancis Thales.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More