Inilah Negara Paling Miskin di Jazirah Arab

Kamis, 30 Desember 2021 - 15:59 WIB
Warga menarik galon berisi air di Yaman. Foto/REUTERS
SANAA - Yaman menjadi negara yang paling miskin di Jazirah Arab atau Timur Tengah. Pada tahun 2018, total produk domestik bruto (PDB) Yaman hanya sebesar USD23,49 juta.

Total penduduk negara ini mencapai 29 juta jiwa. Yaman menjadi bukti terjadinya krisis kemanusiaan akibat konflik berkepanjangan.

Terhitung, 21 juta penduduknya sangat membutuhkan pertolongan dan bantuan, termasuk 11 juta anak-anak di Yaman.



Menurut data PBB, UNDP, perang yang terjadi sejak 2014 di Yaman membuat 45% masyarakatnya hidup dalam kemiskinan. Angka itu semakin berkembang hingga 75% populasinya hidup miskin di akhir 2019.



Apabila perang terus berlanjut hingga tahun 2022, Yaman sudah dapat dipatenkan menjadi negara termiskin di dunia, bukan hanya di wilayah Arab saja.

Hal itu dikarenakan akan ada lebih dari 75% masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Sementara itu, Bank Dunia memprediksikan ada sekitar 20 juta warga Yaman yang tidak mendapatkan akses air bersih dan 16 juta orang yang membutuhkan bantuan mendesak karena berisiko tinggi menderita kekurangan gizi.

Hal ini terjadi akibat kurangnya pangan. Sebagaimana yang disampaikan UNDP, Bank Dunia juga mengutarakan kemiskinan di negara itu terus memburuk.

Ekonomi Yaman menyusut sekitar 8,5% pada 2020. Apalagi, pandemi Covid-19 juga turut mempengaruhi kegiatan bisnis dan ekonomi di sana.

Beberapa komoditas mengalami kelangkaan hingga menyebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(sya)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More