7 Peristiwa yang Menggemparkan Dunia Sepanjang Tahun 2021

Selasa, 21 Desember 2021 - 16:35 WIB
5. Pembunuhan Presiden Haiti

Kabar pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise menggemparkan dunia pada pertengahan tahun ini. Moise dibunuh pada 7 Juli lalu di rumahnya. Saat itu, kediaman Moise diserang sekitar pukul 01:00 pada Rabu dini hari oleh sekelompok individu tak dikenal. Beberapa di antaranya berbicara dalam bahasa Spanyol.

Sebanyak 28 orang asing terlibat dalam pembunuhan tersebut, termasuk 26 warga Kolombia dan dua warga Amerika Serikat (AS). Dari jumlah itu, 2 warga AS dan 15 warga Kolombia telah ditangkap, 3 warga Kolombia telah tewas dan 8 lainnya masih buron.



Dalam perkembangannya, seorang pejabat tinggi pasukan pengamanan presiden Haiti ditangkap karena dicurigai terlibat dalam rencana pembunuhan Moise.

6. China Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik

China mencuri perhatian dunia internasional setelah dilaporkan telah melakukan uji coba rudal hipersonik . Rudal tersebut dilaporkan berbeda dengan rudal hipersonik konvensional. Kabar uji coba rudal hipersonik yang dilakukan oleh China ini mengejutkan Amerika Serikat (AS), yang telah lama terlibat ketegangan.



Uji coba itu dilakukan pada bulan Agustus lalu. Saat itu, militer China meluncurkan roket yang membawa kendaraan luncur hipersonik yang terbang melalui ruang orbit sebelum meluncur ke bawah menuju sasarannya. Namun dilaporkan, rudal itu meleset dari sasarannya sekitar dua lusin mil.

7. Kemunculan Varian Baru COVID-19 Omicron
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :