Perang Siber Intens Terjadi, Pejabat Rusia: Ini Perang Dunia III!

Jum'at, 17 Desember 2021 - 08:51 WIB
Pejabat Rusia sebut Perang Dunia III telah terjadi di dunia maya. Foto/Ilustrasi/Sindonews
MOSKOW - Seorang pejabat tinggi pertahanan Rusia mengklaim sebuah konflik global baru sudah pecah di dunia maya. Ia menambahkan bahwa Moskow berharap untuk bekerja dengan Amerika Serikat (AS) untuk mengurangi risiko yang berasal dari pertempuran digital back-and-forth.

“Perang (di dunia maya) sedang terjadi, dan berlangsung sangat intens,” Direktur Keamanan Informasi Internasional Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Krutskikh, memperingatkan.

Dia mengklaim bahwa serangan siber telah menjadi begitu sering dan parah hingga merupakan konflik dunia baru, tersembunyi dari mata publik.





“Sebanyak apa pun kita bertindak seperti ini, semuanya disembunyikan, pada kenyataannya, permusuhan skala penuh terjadi di dunia maya. Dan secara umum, media benar untuk mengatakan ini sudah Perang Dunia Ketiga . Kami hanya tidak tahu sejauh mana kerusakannya, atau siapa yang akan kalah pada akhirnya, atau seperti apa konfigurasi dunia sebagai akibat dari perang,” ujarnya dalam pidatonya di Institut Hubungan Internasional Negara Moskow seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (17/12/2021).

Krutskikh menekankan bahwa Kremlin sangat ingin menggunakan struktur PBB untuk mencapai kesepakatan internasional mengenai perang digital. Dia mengeluh, bagaimanapun, bahwa AS dan negara-negara lain telah mengganggu upaya Moskow untuk menjadikan masalah ini sebagai prioritas.

Pada bulan Januari, dia melaporkan, akan ada sesi substantif dari komisi khusus PBB untuk pengembangan konvensi untuk perang dunia maya.

Krutskikh mengklaim sesi itu adalah inisiatif yang didukung Moskow.



“Bahkan di sini mereka telah mencoba menggunakan alasan yang berbeda untuk mengurangi peran Rusia, dan memperkenalkan kondisi untuk menggagalkan proses negosiasi,” ia menambahkan.

Awal tahun ini, Presiden AS Joe Biden menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, mengklaim bahwa Kremlin berada di balik peretasan besar-besaran perusahaan SolarWinds yang berbasis di Texas yang membahayakan sistem lebih dari 100 perusahaan komersial di seluruh dunia, serta sembilan lembaga pemerintah AS.

Moskow membantah tuduhan itu, dengan mengatakan: “Sudah saatnya untuk menertibkan tanah Amerika, dari mana serangan terus-menerus terhadap infrastruktur penting di Rusia muncul.”

Pada bulan Maret, perusahaan keamanan siber AS FireEye memperingatkan bahwa orang Amerika akan menghadapi serangan siber yang semakin buruk di masa depan.

“Orang-orang bahkan tidak tahu semua hal yang mereka andalkan. Tiba-tiba rantai pasokan mulai terganggu karena komputer tidak berfungsi,” Kevin Mandia, CEO perusahaan, mengatakan kepada Axios.

(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More