Studi Ungkap Konsumsi Alkohol Sumbang 740 Ribu Kasus Kanker pada 2020

Minggu, 19 September 2021 - 23:00 WIB
Para peneliti mengatakan, bahwa kanker ini memiliki hubungan sebab akibat yang mapan dengan konsumsi alkohol, terutama penggunaan alkohol berat atau lebih dari enam minuman beralkohol sehari.

"Kami sangat perlu meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara konsumsi alkohol dan risiko kanker di antara pembuat kebijakan dan masyarakat umum," ucap Harriet Rumgay dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), Sabtu (18/9).

Baca: Minuman Beralkohol Tuai Pro Kontra, NU Tangsel: Cukup Diperketat Saja Pengawasannya

"Strategi kesehatan masyarakat, seperti pengurangan ketersediaan alkohol, pelabelan produk alkohol dengan peringatan kesehatan, dan larangan pemasaran dapat mengurangi tingkat kanker yang disebabkan oleh alkohol," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya.

Dalam studi baru, peneliti menetapkan tingkat asupan alkohol per orang per negara untuk 2010, sepuluh tahun sebelum data kasus kanker dimunculkan. Penelitian kemudian menggabungkannya dengan perkiraan kasus kanker baru pada tahun 2020, untuk jenis kanker dengan bukti terkuat dari hubungan sebab akibat dengan alkohol dalam analisis utama mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!