Surat Pribadi Tokoh Dunia: dari Hitler Cuti hingga Da Vinci Lamar Kerja

Senin, 14 Desember 2020 - 05:25 WIB
Sejarah surat tersebut diawali dari rangkaian penemuan yang dipublikasikan di jurnal terkemuka Die Naturwissenschaften dan Nature pada 1939. Publikasi sejumlah fisikawan di kedua jurnal itu menyita perhatian para ilmuwan karena mengungkap soal reaksi uranium dan potensinya dalam pembangkitan energi. (Baca juga: 10 Sniper Paling Mematikan Sepanjang Sejarah)

Para ilmuwan menyadari, penemuan tersebut bisa menjadi pedang bermata dua. Leo Szilard, rekan Einstein semasa tinggal di Jerman merasa harus mendorong orang di balik Teori Relativitas itu untuk bertindak. Einstein diminta mengirim surat ke Presiden Roosevelt.

4. Surat Castro Muda Kepada Roosevelt Meminta Uang USD10



Pemimpin Kuba Fidel Castro pernah mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin Roosevelt di Gedung Putih, pada tahun 1940. Surat yang ditulis tangan oleh Castro yang kala itu masih berusia 12 tahun bertujuan untuk meminta satu hal pada Roosevelt: yaitu selembar uang USD10.

"Teman baik saya, Roosevelt. Saya ucapkan selamat karena saya mendengar di radio Anda telah terpilih menjadi presiden. Saya meminta Anda untuk mengirimi kembali surat ini kepada saya, dan menyertakan selembar uang USD10 yang berwarna hijau itu, karena belum pernah sekalipun dalam hidup saya melihat uang itu. Saya ingin memilikinya," tulis Castro dalam suratnya.

Castro remaja rupanya merupakan kolektor uang lembaran AS. Surat itu sampai ke Departemen Luar Negeri pada 27 November 1940, tetapi tidak pernah sampai ke Roosevelt, yang meninggal tanpa pernah tahu siapa Fidel Castro.

5. Resep Roti Drop Scone Ratu Elizabeth II untuk Eisenhower



Ratu Elizabeth II memang terkenal penyuka makanan manis. Dia dan anggota kerajaan Inggris lainnya seringkali diasosiasikan dengan scone, roti yang disajikan dengan krim dan selai. Terkait dengan makanan manis itu, Ratu Elizabeth II pernah menulis surat kepada mantan presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More