Awas Hati-hati, Inilah 10 Negara yang Memiliki Ranjau Terbanyak di Dunia

Senin, 12 Oktober 2020 - 05:30 WIB
Ranjau darat menjadi senjata efektif membunuh musuh dalam perang. Pasca-perang, tidak semua ranjau meledak. Akibatnya, di berbagai negara ranjau masih tertanam di perut bumi dan mengancam keselamatan jiwa. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
SUDAH ratusan tahun ranjau darat menjadi senjata efektif dan juga murah untuk menjebak sekaligus membunuh musuh dalam perang . Penggunaan ranjau mudah untuk ditempatkan dan sulit ditaklukkan karena bisa kapan saja meledak ketika diinjak atau dilalui kendaraan besar. (Baca juga: 10 Pertempuran Udara Paling Sengit dalam Sejarah)

Pasca-perang, tidak semua ranjau meledak. Akibatnya, di berbagai negara, ranjau masih tertanam di perut bumi yang sewaktu-waktu mengancam keselamatan jiwa. Berikut negara-negara dengan jumlah ranjau terbanyak di dunia. (Baca juga: 7 Perang Terbesar di Dunia)

1. Mesir



Perkiraan sebaran ranjau : 23 juta



Mesir diperkirakan memiliki ladang ranjau sebanyak 23 juta yang tersebar di beberapa wilayah terutama di wilayah perbatasan langsung dengan Laut Mediterania. Saat Perang Dunia II, Sekutu yang ingin menguasai kawasan Afrika bagian utara harus berperang dengan Jerman yang menginginkan perluasan wilayah.

Akibatnya ranjau-ranjau mematikan banyak sekali dipasang di kawasan Mesir. Pihak militer di Mesir sudah berusaha menumpas semua ranjau. Namun hanya 7 juta ranjau yang bisa diangkat dalam kurun waktu 15 tahun. (Baca juga: Bermain Game Online Berjam-jam, Bocah di Mesir Meregang Nyawa)

2. Iran

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More