Media Asing Soroti Kabinet Prabowo: Anggotanya 109 Orang, Terbesar sejak Sukarno Berkuasa

Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:47 WIB
Gemuknya kabinet Prabowo diklaim sebagai strategi politik untuk membangun pemerintahan yang kuat dan bersatu.

"Saya ingin menciptakan pemerintahan yang kuat yang akan menyatukan masyarakat multikultural dan beragam kepentingan politik," kata Prabowo.

Para kritikus berpendapat kabinet yang besar akan membengkakkan birokrasi, tetapi Prabowo membela keputusannya dengan alasan perlunya stabilitas politik.

Terakhir kali kabinet Indonesia sebesar ini hanya bertahan satu bulan di tangan presiden pertama Indonesia Sukarno—132 menteri dibentuk 58 tahun yang lalu.

Prabowo menegaskan bahwa pemerintahan yang luas diperlukan untuk mengelola ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

"Ini pasti koalisi besar, dan beberapa orang akan mengatakan kabinet saya gemuk," katanya pekan lalu.

Selain "kabinet gemuk" sosok Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (37), putra mantan Presiden Jokowi juga jadi sorotan media asing.

Prabowo dan Jokowi dulunya adalah rival, tetapi setelah terpilihnya kembali Jokowi pada pemilihan presiden tahun 2019, Prabowo bergabung dengan pemerintahannya sebagai menteri pertahanan, yang mengarah pada aliansi politik.

Melibatkan putra Jokowi ke dalam pemerintahan Prabowo dipandang sebagai langkah untuk mempertahankan kesinambungan dengan kebijakan Jokowi.

Kabinet tersebut mencakup beberapa pejabat tetap dari pemerintahan Jokowi, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang telah menjabat di bawah tiga presiden.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More