3 Desa Lebanon yang Digempur Israel, Terbaru Situs Makam Putra Nabi Yakub

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:50 WIB
Isral serang beberapa desa di Lebanon, salah satunya situs makam putra Nabi Yakub. Foto/X @layalhaddad
BEIRUT - Sejumlah desa di Lebanon menjadi korban serangan militer Israel. Salah satunya merupakan lokasi situs makam putra Nabi Yakub.

Militer Zionis terus menggempur berbagai lokasi di Lebanon dengan dalih memerangi pasukan Hizbullah. Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu bahkan mengancam negara itu dengan kehancuran seperti Gaza.

Tak hanya mengerahkan lebih banyak pasukan ke Lebanon, Israel juga memaksa penduduk di wilayah selatan dan sebagian pinggiran Ibu Kota Beirut untuk mengungsi.





Sampai saat ini, banyak hunian penduduk di Lebanon yang menjadi korban invasi Zionis.

Desa Lebanon yang Digempur Militer Israel

1. Mhaibib



Pada awal Oktober, militer Israel memperingatkan penduduk di Mhaibib untuk mengungsi dengan alasan potensi aktivitas Hizbullah. Beberapa waktu berselang, tentara Zionis menyerang wilayah itu dan menghancurkan lingkungan bersejarah di sekitarnya.

Sebagai informasi, Mhaibib atau biasa disebut juga Muhajbib merupakan sebuah desa di distrik Marjayoun, Nabatiyeh. Lokasinya sekitar 115 kilometer dari Beirut

Mengutip Middle East Monitor, Mhaibib ini merupakan rumah bagi makam Benyamin, putra Nabi Yakub. Situs tersebut memiliki nilai keagamaan dan sejarah yang signifikan, sehingga menarik banyak wisatawan.

Kepala Desa Mhaibib, Qassem Ahmed Jaber, menyatakan ketidakpastian tentang tingkat kerusakan akibat serangan Israel di desanya. Dia belum bisa memastikan mengenai dampak pasti serangan terhadap situs bersejarah.

2. Maroun al-Ras



Berikutnya ada Maroun al-Ras. Tempat ini dikenali sebagai sebuah desa di Jabal Amel, distrik Bint Jbeil, Kegubernuran Nabatiyeh, Lebanon Selatan.

Desa itu rawan konflik karena lokasinya yang hanya sekitar dua kilometer dari perbatasan Israel-Lebanon. Maka dari itu, tak jarang wilayah tersebut menjadi medan peperangan antara militer Israel dan Hizbullah yang masuk.

Setelah serangan Israel, pemandangan kehancuran terlihat jelas di Maroun al-Ras. Dalam sebuah video, Al Jazeera memperlihatkan tentara Zionis mengibarkan bendera Israel di reruntuhan Taman Iran Garden di Maroun al-Ras.

3. Yaroun



Kemudian, ada Yaroun. Tempat ini adalah sebuah desa di Lebanon yang terletak di Caza Bint Jbeil di Kegubernuran Nabatiyeh.

Letak Yaroun berada dekat perbatasan Israel-Lebanon. Desa ini menghadap Yir'on dan Avivim di Israel.

Al Jazeera melaporkan bahwa Desa Yaroun di Lebanon ini hanya berjarak sekitar 1 km (0,6 mil) dari Garis Biru, perbatasan de facto antara Israel dan Lebanon. Pada aktivitas militer Zionis, desa itu telah digempur dan hancur oleh serangan Israel.

Itulah beberapa desa di Lebanon yang digempur habis oleh tentara Israel.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More