Korea Utara Bersiap Ledakkan Jalan-jalan Menuju Korea Selatan

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:45 WIB
Pos penjagaan Korea Utara dan Korea Selatan di dekat kota perbatasan Paju. Foto/IMAGO/Matrix Images/Lee Sang-hoo/Global Look Press
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) tampaknya bersiap memenuhi ancamannya untuk menutup jalan menuju Korea Selatan (Korsel), menurut militer di Seoul.

Tentara Rakyat Korea Utara (KPA) mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan "memisahkan sepenuhnya" kedua wilayah dan "membentengi area yang relevan di pihak kami" sebagai tanggapan terhadap "situasi militer yang akut" di semenanjung.

Pernyataan Korut itu mengacu pada latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS)-Korea Selatan dan kunjungan pesawat berkemampuan nuklir AS ke wilayah tersebut.



"Menyusul pengumuman oleh KPA pada 9 Oktober, militer Korea Utara telah melakukan aktivitas yang diasumsikan terkait dengan ledakan di jalan-jalan di sepanjang jalur Gyeongui dan Donghae," ujar Kepala Staf Gabungan pada Senin (14/10/2024), seperti dikutip kantor berita Yonhap.

“Militer Korea Selatan memperkirakan ledakan akan terjadi paling cepat pada Senin,” juru bicara Kolonel Lee Sung-jun menyatakan dalam pengarahan.

Ada beberapa jalan dan rel kereta api yang menghubungkan bagian-bagian Semenanjung Korea yang bersaing.

Selama periode pencairan di era mantan Presiden liberal Moon Jae-in, dia dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sepakat pada April 2018 untuk memodernisasi koneksi kereta api.

Sejak politisi konservatif Yoon Suk-yeol terpilih sebagai presiden pada tahun 2022, hubungan Seoul dengan Pyongyang memburuk.

Kim mengumumkan perubahan kebijakan besar tahun lalu, ketika dia mendefinisikan ulang Korea Selatan sebagai negara yang bermusuhan, bukan lagi bagian Korea yang diduduki sementara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More