Perbandingan Kekuatan Militer China vs Bahrain, Bagaikan Bumi dan Langit!

Senin, 14 Oktober 2024 - 20:20 WIB
Tiongkok memiliki kekuatan armada sebanyak 730, yang mencakup 61 kapal selam dan 3 Kapal Induk Helikopter. Pertumbuhan tersebut ditujukan untuk melawan Angkatan Laut AS terhadap Taiwan, tetapi minat Tiongkok di Samudra Hindia dimulai satu dekade lalu dengan pertumbuhan ekonominya.



Bahrain

Dalam peringkat versi Global Fire Power, Bahrain menduduki peringkat ke 86 dari 145 negara.

Melansir ISPI Online, Angkatan bersenjata Bahrain masih merupakan 'klub Sunni' yang eksklusif sementara mereka menunjukkan peningkatan profesionalisme, di wilayah darat dan laut.

Di Bahrain, angkatan bersenjata adalah perisai kekuasaan kerajaan, karena struktur sosial-sektarian negara tersebut. Mereka terus menjadi ekspresi minoritas Sunny yang berkuasa, dan untuk mengecualikan warga Syiah dari posisi operasional.

Di Bahrain, keamanan rezim adalah tujuan utama tentara. Pertahanan nasional datang kemudian, juga karena negara tersebut dilindungi tiga kali lipat oleh Arab Saudi, sekutu regional besar, Inggris, dan terutama oleh AS: negara kepulauan tersebut menjadi tuan rumah pangkalan militer Inggris sejak 2018, Armada ke-5 Amerika, dan markas besar semua misi angkatan laut pimpinan AS di Teluk-Laut Merah.

Pada saat yang sama, angkatan bersenjata Bahrain telah menjadi lembaga militer yang sangat profesional. Ketika ditempatkan di luar negeri, mereka semakin mampu berkoordinasi dengan mitra, sering kali dengan tentara Uni Emirat Arab, juga mengembangkan peningkatan interoperabilitas dengan angkatan laut AS.

Di Manama, jalur profesionalisasi angkatan bersenjata akan semakin diuntungkan dari pilihan kebijakan luar negeri dan pertahanan negara baru-baru ini: peningkatan pakta pertahanan dengan AS (Perjanjian Integrasi Keamanan dan Kemakmuran Komprehensif, C-SIPA, 2023), dan perjanjian kerja sama keamanan dengan Israel (2022), dengan tujuan utama untuk menghalangi Iran, sekutunya, dan proksinya di kawasan tersebut.

Selama bertahun-tahun, jumlah dan profil personel aktif Bahrain tetap konstan. Dan menggambarkan negara di mana keseimbangan kekuatan mengkristal, juga karena sektarianisme berfungsi sebagai alat kekuatan penguasa untuk merasionalisasi kebijakan dalam dan luar negeri, seperti yang disorot Courtney Freer dalam Dossier ini.

Menurut IISS Military Balance 2024, angkatan bersenjata Bahrain memiliki 8.200 personel aktif: 6.000 berada di angkatan darat, yang dikenal sebagai Angkatan Pertahanan Bahrain yang mencakup Garda Kerajaan. Gendarmerie dan paramiliter merekrut 11.260 personel efektif: 9.000 di antaranya polisi dan 2.000 di Garda Nasional, yang terakhir bertugas melindungi keluarga kerajaan dan infrastruktur penting (sisanya adalah Penjaga Pantai, 206).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More