Awas Perang Pecah! Korut Siap Tembakkan Artileri ke Korsel

Senin, 14 Oktober 2024 - 08:11 WIB
Korea Utara siap melepaskan tembakan artileri ke Korea Selatan setelah diserbu selebaran propaganda yang dijatuhkan melalui pesawat nirawak di atas Pyongyang. Foto/X @GlobeEyeNews
PYONGYANG - Militer Korea Utara (Korut) telah memerintahkan unit artileri garis depan untuk bersiap sepenuhnya melepaskan tembakan ke Korea Selatan (Korsel).

Perintah itu muncul setelah pesawat nirawak asal Korea Selatan menjatuhkan selebaran propaganda di atas Pyongyang.

Pemerintah Korea Utara mengatakan pada Jumat pekan lalu bahwa Korea Selatan menerbangkan pesawat nirawak yang membawa selebaran propaganda di atas ibu kota pada tiga kesempatan terpisah bulan ini, termasuk dua penerbangan awal minggu lalu.





Sementara Korea Utara telah menanggapi kampanye propaganda sebelumnya dengan mengirimkan balon berisi sampah dan kotoran ke Korea Selatan, insiden terbaru memerlukan respons militer, menurut laporan kantor berita pemerintah Korut, KCNA, Senin (14/10/2024).

“Staf Umum [Tentara Rakyat Korea] mengeluarkan perintah operasi pendahuluan pada 12 Oktober kepada unit artileri gabungan di sepanjang perbatasan untuk bersiap sepenuhnya untuk melepaskan tembakan,” tulis KCNA, mengutip Kementerian Pertahanan Korea Utara.

"Perintah tersebut menempatkan delapan brigade artileri yang dipersenjatai lengkap dengan kekuatan penuh masa perang dalam keadaan siaga untuk melepaskan tembakan,” lanjut laporan tersebut.

Korea Utara diyakni telah menempatkan lebih dari 10.000 artileri di sepanjang perbatasan selatannya, 6.000 di antaranya berada dalam jangkauan pusat populasi utama Korea Selatan, menurut laporan tahun 2020 oleh RAND Corporation—sebuah lembaga think tank yang didanai oleh militer AS.

Jika perang pecah antara kedua Korea, lebih dari 205.000 orang dapat tewas di Seoul, Incheon, Gimpo, dan kota-kota Korea Selatan lainnya dalam waktu satu jam, menurut perkiraan laporan RAND.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More