Israel Sudah Memiliki Daftar Target dalam Serangan ke Iran

Minggu, 13 Oktober 2024 - 14:31 WIB
Israel sudah memiliki daftar target dalam serangan ke Iran. Foto/Lockheed Martin
TEL AVIV - Serangan balasan oleh Israel terhadap Iran dapat dilakukan paling cepat akhir pekan ini, dengan daftar target potensial tampaknya dipersempit menjadi infrastruktur militer dan energi. Demikian dilaporkan NBC News mengutip sejumlah pejabat AS dan Israel yang tidak disebutkan namanya.

Israel belum membuat keputusan akhir apakah akan menyerang fasilitas nuklir Iran atau melakukan pembunuhan yang ditargetkan, tetapi sejauh ini “tidak ada indikasi” bahwa Israel akan bertindak sejauh itu, menurut para pejabat AS.

Timur Tengah berada di ambang perang skala penuh setelah Teheran meluncurkan serangan rudal terhadap Israel pada tanggal 1 Oktober, yang dilaporkan sebagai balasan atas pembunuhan para pemimpin Hamas dan Hizbullah, serta seorang jenderal Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).



Iran mengklaim hanya menargetkan fasilitas militer, tanpa ada korban sipil Israel yang dilaporkan. Satu-satunya korban tewas yang dilaporkan adalah seorang pria Palestina yang tampaknya terkena puing-puing rudal.

Respons Israel terhadap serangan rudal Iran akan "mematikan, akurat, dan mengejutkan," kata Menteri Pertahanan Yoav Gallant awal minggu ini.

Baca Juga: Menguji Keberanian Israel Menyerang Iran

Pejabat Israel lainnya telah menganjurkan serangan balasan yang menghancurkan, termasuk terhadap fasilitas nuklir Iran, sementara AS bertujuan untuk membatasi respons guna menghindari konflik yang lebih luas yang dapat menyebar ke seluruh wilayah.

Iran sepenuhnya siap untuk membela diri dan membalas setiap serangan potensial oleh Israel, sumber di Teheran yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada RT pada hari Kamis, bersikeras bahwa tanggapannya akan "proporsional."

Jika Israel menargetkan infrastruktur minyak Iran, Teheran akan menanggapi dengan menyerang kilang minyak Israel. Serangan terhadap infrastruktur lain, seperti pembangkit listrik atau fasilitas nuklir, juga akan memicu serangan balasan terhadap instalasi terkait di Israel.

Teheran memperingatkan Israel agar tidak mengambil langkah-langkah eskalasi yang tidak proporsional. Jika serangan Israel membahayakan warga sipil, Teheran dapat merevisi doktrin nuklirnya, sumber tersebut mengatakan kepada RT, tanpa menjelaskan lebih lanjut.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More