Nikaragua Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel, Berikut 3 Alasannya

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:18 WIB

3. Pernah 2 Kali Memutuskan Hubungan dengan Israel

Melansir Press TV, Nikaragua sebelumnya telah dua kali memutuskan hubungan dengan Israel – sekali pada tahun 2010 di bawah Ortega dan juga pada tahun 1982 di bawah pemerintahan revolusioner Sandinista yang dipimpin oleh Ortega setelah revolusi negara tersebut pada tahun 1979.

Putusnya hubungan diplomatik terjadi pada saat Israel semakin terisolasi di panggung global di tengah kampanye brutal di Gaza dan meluasnya serangan di seluruh Asia Barat, termasuk di Lebanon.

Kecaman terhadap perang Israel selama setahun di Gaza relatif meluas di Amerika Latin, di mana para pemimpin di negara-negara seperti Brasil, Kolombia, dan Chili telah mengkritik keras kebrutalan rezim Tel Aviv di wilayah pesisir Palestina tersebut.

Pada hari Jumat, misi Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan bahwa ketiga negara tersebut telah membantu memelopori surat dukungan untuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang dinyatakan Israel sebagai persona non grata minggu lalu.

Presiden Kolombia Gustavo Petro memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel pada bulan Mei, menyebut pemerintahan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai "genosida".

Pemimpin Brasil Luiz Inacio Lula da Silva juga memanggil duta besar negara itu untuk wilayah pendudukan pada bulan yang sama.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More