Israel Serang 2 TNI Personel UNIFIL, Kecaman Meluas, Dianggap Kejahatan Perang

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 10:12 WIB

1. Indonesia



Duta Besar Indonesia untuk PBB Hari Prabowo mengatakan serangan Israel tersebut telah membuktikan pelanggaran hukum internasional oleh rezim Zionis.

"Insiden ini dengan jelas menunjukkan bagaimana Israel memposisikan dirinya di atas hukum internasional, di atas impunitas, dan di atas nilai-nilai perdamaian kita bersama," kata Hari.

2. Italia



Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto mengatakan serangan dan insiden lain oleh Israel terhadap UNIFIL dapat merupakan "kejahatan perang".

Dia meminta penjelasan Israel karena insiden yang melukai dua prajurit TNI personel UNFIL "bukan kekeliruan".

Dia menggambarkan penembakan tank Merkava Israel sebagai hal yang tidak dapat ditoleransi. Crosetto mengajukan protes kepada mitranya dari Israel dan duta besar negara itu untuk Italia.

3. Amerika Serikat



Gedung Putih mengatakan bahwa pihaknya "sangat prihatin" atas serangan Israel terhadap UNIFIL yang melukaui dua prajurit TNI.

"Kami memahami bahwa Israel sedang melakukan operasi yang ditargetkan di dekat Garis Biru untuk menghancurkan infrastruktur Hizbullah... sangat penting bahwa mereka tidak mengancam keselamatan dan keamanan pasukan penjaga perdamaian PBB," kata Gedung Putih.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More