7 Front Musuh Israel dari Berbagai Negara

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:35 WIB
Israel menghadapi tujuh front perang dengan berbagai negara. Foto/IDF
GAZA - Apa yang dimulai sebagai konflik lokal antara Israel dan Hamas telah berkembang menjadi perang multi-front.

Perang tersebut telah menarik pemain regional utama, termasuk Iran, yang baru-baru ini meningkatkan ketegangan dengan meluncurkan serangan rudal balistik terhadap target-target Israel. Hal ini telah memperluas cakupan konflik, dengan Israel sekarang terlibat di tujuh front yang berbeda.

Peluncuran 180 rudal balistik Iran terhadap Israel menandai eskalasi yang signifikan, yang menandakan kesediaan Teheran untuk terlibat langsung dalam konflik tersebut. Sebagian besar rudal ini dicegat oleh Iron Dome milik Israel dan sistem pertahanan lainnya, yang didukung oleh pencegat Angkatan Laut AS.



Namun, serangan tersebut menunjukkan Iran, setelah pembunuhan dan serangan oleh Israel, tidak punya banyak pilihan selain ikut campur secara langsung. Konflik telah menyebar ke tujuh front yang berbeda, masing-masing melibatkan berbagai aktor negara dan non-negara.

7 Front Musuh Israel dari Berbagai Negara

1. Hamas di Gaza

Melansir India Today, sudah setahun sejak konflik awal, yang dipicu oleh serangan mendadak Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, tetap menjadi salah satu front paling intens. Serangan udara Israel terus menargetkan infrastruktur Hamas, sementara operasi darat telah mengakibatkan banyak korban dan sandera masih belum bebas.

2. Hizbullah di Lebanon

Ini telah menjadi front terpanas selama seminggu terakhir. Dengan Israel menyerang Hizbullah dengan pager yang meledak, kemudian walkie-talkie yang meledak dan kemudian pembunuhan kepala Hizbullah, Hassan Nasrallah telah membuat Israel menang atas salah satu musuh terkuatnya.

Sekarang dengan pasukan Israel yang telah melintasi perbatasan ke Lebanon, Israel meningkatkan tempo.



3. Houthi di Yaman

Houthi, sekutu Iran lainnya, telah meluncurkan serangan pesawat nirawak dan rudal terhadap Israel dari selatan. Front ini merupakan ancaman yang berkembang bagi perbatasan selatan Israel dan rute maritim.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More