PM Netanyahu Klaim Israel Hadapi Perang di 7 Front, di Mana Saja?

Minggu, 06 Oktober 2024 - 17:30 WIB
Israel menghadapi perang di tujuh front. Foto/IDF
GAZA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa hampir satu tahun setelah serangan Hamas terhadap Israel , negaranya sekarang berperang di tujuh front.

"Hari ini, Israel mempertahankan diri di tujuh front melawan musuh-musuh peradaban," katanya dalam sebuah pernyataan video pada hari Sabtu.

PM Netanyahu Klaim Israel Hadapi Perang di 7 Front, di Mana Saja?

Netanyahu mengatakan bahwa mereka termasuk Hizbullah yang didukung Iran di utara, Hamas di Gaza, Houthi di Yaman, "pejuang" di Tepi Barat dan milisi Syiah di Irak dan Suriah.



"Dan kami berperang melawan Iran, yang minggu lalu menembakkan lebih dari 200 rudal balistik langsung ke Israel dan yang berada di belakang perang tujuh front melawan Israel ini," kata Netanyahu, dilansir CNN.

Ia mengatakan bahwa ia menepati janjinya untuk mengubah keseimbangan kekuatan di wilayah utara antara Israel dan Lebanon. Israel telah melancarkan hampir 9.000 serangan ke Lebanon sejak 8 Oktober dan Hizbullah melancarkan 1.500 serangan dalam jangka waktu yang sama, menurut data ACLED.



Mengacu pada Gaza, Netanyahu mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri dan bahwa Israel tidak akan melupakan 101 sandera “yang kami janjikan dengan sekuat tenaga untuk membawa mereka pulang.” Setidaknya 41.825 orang telah tewas di Gaza sejak 7 Oktober tahun lalu, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Netanyahu mengatakan “memalukan” Presiden Prancis Emmanuel Macron dan negara-negara lain yang menyerukan embargo senjata terhadap Israel. “Yakinlah, Israel akan berjuang sampai pertempuran dimenangkan – demi kita dan demi perdamaian dan keamanan di dunia,” Netanyahu menambahkan.

Lebih dari 1.400 orang tewas dalam serangan Israel di Lebanon bulan lalu, dan hampir 7.500 orang terluka, menurut kementerian kesehatan Lebanon.

Saat dunia menunggu tanggapan Israel terhadap serangan rudal balistik Iran, Israel tidak akan menerima saran dari Presiden AS Joe Biden atau mantan Presiden Donald Trump, kata Steven Cook, peneliti senior di Council on Foreign Relations.

Biden mengatakan Israel tidak boleh menargetkan fasilitas nuklir atau minyak Iran, sementara Trump – yang saat ini mencalonkan diri untuk menggantikan Biden dalam pemilihan presiden – telah menyarankan Israel untuk melakukannya.

"Israel tidak akan dibatasi oleh apa yang dikatakan presiden dan mantan presiden," kata Cook kepada Michael Holmes dari CNN.

"Mereka akan menargetkan fasilitas dan persenjataan di Iran yang paling berbahaya bagi Israel."

"Pertanyaan sebenarnya adalah seberapa jauh Israel akan melangkah dalam jenjang eskalasi, dan apakah Iran merasa perlu untuk menanggapinya," tambah Cook.

Sasaran Israel adalah untuk mengintimidasi Iran, yang telah berjanji untuk membalas jika Israel menyerang.

"Di situlah Anda melihat arah yang dapat ditempuh konflik ini," kata Cook.

Ada risiko untuk bertindak terlalu jauh, katanya, seraya menambahkan bahwa selama perang berlanjut, Israel berisiko meradikalisasi masyarakat di Lebanon, yang telah dilakukannya di Gaza.

Hizbullah, kelompok militan yang diperangi Israel, lahir dari invasi Israel ke Lebanon pada tahun 1982.

Namun, Israel telah menunjukkan dalam beberapa minggu terakhir bahwa mereka bersedia mengambil risiko yang cukup besar, kata Cook.

"Ini adalah momen yang sangat berbahaya di Timur Tengah."
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More