Profil Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dikenal sebagai Keturunan Nabi Muhammad

Minggu, 06 Oktober 2024 - 16:40 WIB
Hashem Safieddine merupakan kandidat pemimpin Hizbullah yang dikabarkan hilang kontak. Foto/Al Manar
BEIRUT - Nasib calon penerus pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah,Hashem Safieddine, masih belum jelas menyusul serangan udara Israel di Beirut.

Hizbullah telah kehilangan kontak dengan Safieddine sejak serangan itu, sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada CNN. Seorang pejabat Israel sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa ulama itu menjadi sasaran serangan, tetapi tidak jelas apakah dia terbunuh.

Profil Hashem Safieddine, Calon Pemimpin Hizbullah yang Dikenal sebagai Keturunan Nabi Muhammad

1. Sepupu Hassan Nasrallah

Safieddine adalah sepupu dari pihak ibu Nasrallah – keduanya belajar bersama di Iran pada awal 1980-an. Sama seperti Nasrallah, Safieddine adalah pengkritik keras Israel dan Barat, dengan aliansi yang erat dengan para pemimpin Iran.



Safieddine menjabat sebagai kepala dewan eksekutif Hizbullah dan, hingga pendahulunya meninggal, dipandang sebagai salah satu pewaris paling mungkin untuk jabatan tertinggi di organisasi tersebut. Kelompok tersebut belum menunjuk pengganti Nasrallah.

Dewan eksekutif adalah satu dari lima badan yang membentuk Dewan Syura, yang merupakan badan pembuat keputusan organisasi tersebut. Dewan eksekutif mengawasi masalah politik, berbeda dengan Dewan Jihad yang merupakan badan militer kelompok tersebut, tempat Safieddine menjadi anggotanya.

2. Memiliki Hubungan Kuat dengan Iran

Safieddine sebelumnya telah berbicara tentang "hubungan yang kuat" antara Hizbullah dan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), dan khususnya jenderal Iran Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan udara AS di bandara Baghdad pada tahun 2020. Putra Safieddine menikah dengan putri Soleimani.



3. Keturunan Nabi Muhammad

Ulama Syiah ini lahir pada tahun 1964 di desa Deir Qanoun En Nahr di Lebanon selatan. Seperti mendiang pemimpin Hizbullah, ia mengenakan sorban hitam yang menandakan bahwa ia adalah seorang "Sayyid," gelar kehormatan Syiah yang menunjukkan garis keturunan Nabi Muhammad.

Ulama berusia 60 tahun ini memiliki kehadiran yang jelas di panggung politik Hizbullah, terutama selama setahun terakhir. Sepanjang perang Gaza, Safieddine akan membuat pernyataan yang mengecam tindakan Israel di daerah kantong itu dan di perbatasan selatan negaranya.

Nasrallah "mulai menyesuaikan posisi untuknya di berbagai dewan berbeda di Hizbullah Lebanon. Beberapa dari mereka lebih tidak transparan daripada yang lain. Mereka menyuruhnya datang, keluar, dan berbicara,” kata Phillip Smyth, seorang pakar yang mempelajari milisi Syiah yang didukung Iran, kepada Reuters.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More