Apa Saja yang Jadi Target Serangan Balasan Israel ke Iran?

Rabu, 02 Oktober 2024 - 19:46 WIB
Iran akan melancarkan serangan balasan ke Iran. Foto/Press TV
TEHERAN - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu sudah menebar ancaman akan membalas serangan rudal Iran. Zionis diprediksi akan melancarkan serangan langsung ke wilayah Iran

Itu akan memandangkan eskalasi perang di Timur Tengah akan semakin luas. Itu akan menimbulkan dampak serius bagi Timur Tengah.

Apa Saja yang Jadi Target Serangan Balasan Israel ke Iran?

1. Infrastruktur Nuklir

Ali Vaez, direktur Proyek Iran di lembaga pemikir International Crisis Group, mengatakan ada "risiko nyata" serangan Israel terhadap infrastruktur nuklir Iran.



"Risiko serangan [Israel] terhadap program nuklir sangat tinggi karena perisai pertahanan Iran, Hizbullah, sedang bertekuk lutut," kata Vaez kepada Al Jazeera.

"Pasukan AS sudah berada di wilayah tersebut untuk melindungi Israel, dan bagi Israel, ini berpotensi menjadi kesempatan sekali dalam satu generasi untuk mengatasi ancaman besar yang telah dirasakannya dari Iran selama beberapa dekade terakhir," jelasnya.

"Dan Israel mungkin juga tahu bahwa meskipun ini diselesaikan secara diplomatis, Israel tidak akan puas. Jadi, saya pikir ada risiko nyata serangan terhadap fasilitas nuklir."

2. Pangkalan Militer Iran

Vaez menambahkan bahwa terlepas dari apakah Israel menargetkan infrastruktur nuklir Iran atau instalasi militer, respons besar Israel masih dapat memicu perang yang lebih luas.

Randa Slim, seorang peneliti senior di Middle East Institute, mengatakan kedekatan pribadi Presiden AS Joe Biden dengan Israel dan keyakinan politiknya bahwa “Anda tidak melawan Israel” telah menyebabkan dukungan AS yang tak tergoyahkan selama berbulan-bulan untuk negara tersebut.

Ia mengatakan pemerintahan Biden telah mengindikasikan bahwa mereka sedang berdiskusi dengan pemerintah Netanyahu “tentang jenis respons” yang akan dilancarkan Israel terhadap serangan Iran.

3. Kilang Minyak Iran

Serangan terhadap fasilitas minyak Iran dapat menghancurkan ekonomi negara itu, dan tanggapan apa pun yang dipertimbangkan dapat menandai eskalasi lain, hampir satu tahun dalam perang yang sedang berlangsung yang dimulai ketika kelompok teror Hamas menyerang Israel pada bulan Oktober 2023.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More