Apa Itu Hizbullah? Lahir karena Israel, Pernah Bantai 241 Tentara AS

Kamis, 26 September 2024 - 10:18 WIB
Sementara Hizbullah awalnya mulai meluncurkan rudal dan roket anti-tank, mereka akhirnya memperkenalkan pesawat tanpa awak peledak dan rudal permukaan-ke-udara untuk pertama kalinya.

Nasrallah mengatakan pesawat tanpa awak tersebut diproduksi secara lokal, dan mereka memiliki banyak yang siap digunakan.

Kelompok tersebut mengalami pukulan telak minggu lalu, ketika ribuan perangkat komunikasi, yang sebagian besar digunakan oleh para anggotanya, meledak di berbagai wilayah Lebanon, menewaskan 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang, banyak di antaranya warga sipil.

Serangan tersebut—pelanggaran memalukan terhadap rantai pasokan Hizbullah—secara luas disalahkan pada Israel.

Israel baru-baru ini juga membunuh beberapa pemimpin senior kelompok tersebut, termasuk seorang komandan militer tinggi.

Siapakah Hassan Nasrallah?



Lahir pada tahun 1960 dalam keluarga Muslim Syiah miskin di pinggiran kota Beirut, Bourj Hammoud, dan kemudian mengungsi ke Lebanon selatan, Nasrallah mempelajari teologi dan bergabung dengan gerakan Amal, sebuah organisasi politik dan paramiliter Syiah, sebelum menjadi salah satu pendiri Hizbullah.

Dia menjadi pemimpin Hizbullah pada tahun 1992 setelah pendahulunya tewas dalam serangan Israel.

Diidolakan oleh banyak orang karena memimpin penarikan pasukan Israel dari Lebanon selatan dan memimpin perang tahun 2006, citranya muncul di papan reklame dan pada gawai di toko suvenir di Lebanon, Suriah, dan negara-negara lain di seluruh dunia Arab.

Namun, dia juga menghadapi tentangan dari warga Lebanon yang menuduhnya mengaitkan nasib negara mereka dengan Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More