Siapa Asim Malik? Kepala Intelijen Pakistan Baru yang Ahli dalam Perang Pegunungan

Kamis, 26 September 2024 - 09:56 WIB

5. Memimpin Negara di Dalam Negara

Didirikan pada tahun 1948, ISI adalah padanan CIA di AS, MI6 Inggris, atau Research and Analysis Wing (RAW) India. Sementara badan tersebut secara resmi melapor kepada perdana menteri, kepala angkatan darat merekomendasikan pengangkatan kepalanya.

Namun, badan intelijen tersebut juga sangat kontroversial, dengan para pengkritiknya menggambarkannya sebagai “negara di dalam negara”.

Militer Pakistan sendiri tetap menjadi satu-satunya lembaga paling kuat di negara tersebut, yang memiliki pengaruh besar pada bidang politik dan kebijakan luar negeri negara tersebut, dengan ISI sering memainkan peran sebagai penegak hukum.

Pengangkatan Anjum sebagai kepala ISI pada bulan November 2021 menimbulkan kontroversi, yang menyebabkan keretakan antara kepala angkatan darat saat itu Jenderal Qamar Javed Bajwa dan Perdana Menteri Khan saat itu.

Saat itu, Jenderal Hameed, yang kini menghadapi pengadilan militer, adalah kepala ISI, dan Khan bersikeras agar ia melanjutkan perannya. Kritikus Khan mengatakan Hameed dipandang sebagai penegak Khan terhadap para pesaing politiknya — tuduhan yang berulang kali dibantah oleh mantan PM tersebut.

Namun, kritikus menuduh bahwa di bawah Anjum, ISI terus bertindak dengan cara yang dapat dipandang oleh sebagian orang sebagai partisan politik, melalui perannya dalam tindakan keras terhadap partai politik Khan, PTI.

“Saya pribadi merasa bahwa Hameed adalah pilihan yang salah untuk memimpin ISI, tetapi dibawa oleh Bajwa, yang saat itu menjabat sebagai panglima militer, untuk melaksanakan perintahnya,” kata mantan jenderal yang juga rekan Malik tersebut. “Namun, era Anjum menyaksikan penggandaan kebijakan represif tersebut dan melampauinya.”

Militer dan ISI secara konsisten membantah bertindak terhadap Khan dan partainya karena alasan politik, dengan alasan bahwa tindakan keras terhadap PTI didorong oleh pertimbangan hukum semata.

6. Tidak Akan Membawa Banyak Perubahan

Lodhi mengatakan ia meragukan apakah pengangkatan Malik dapat menjadi pertanda perubahan besar dalam fungsi ISI.

"Dengan cara kerja lembaga, pengangkatan ini tidak mengubah arah atau kebijakan secara drastis," katanya.

Mantan jenderal bintang tiga, yang juga mantan instruktur perguruan tinggi perang, menyuarakan sentimen ini. "Setiap pemimpin baru membawa perubahan. Malik dikenal sebagai 'perwira yang sopan' - sopan dan disegani. Namun, apakah ia dapat meningkatkan warisan lembaga secara signifikan masih harus dilihat."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More