Anura Kumara Dissanayake Resmi Dilantik sebagai Presiden Sri Lanka

Senin, 23 September 2024 - 14:30 WIB
Situasi kini telah stabil dengan dukungan Dana Moneter Internasional, tetapi langkah-langkah penghematan yang ketat membawa kesulitan yang parah bagi banyak orang dan para pemilih menghukum Ranil Wickremesinghe, yang menjadi presiden setelah Rajapksa melarikan diri, di kotak suara.

JVP memimpin dua pemberontakan pada tahun 1970-an dan 1980-an yang menewaskan lebih dari 80.000 orang sebelum akhirnya meninggalkan kekerasan.

Dissanyake adalah seorang pemimpin mahasiswa JVP selama pemberontakan kedua dan telah menggambarkan bagaimana salah seorang gurunya melindunginya untuk menyelamatkannya dari regu pembunuh yang didukung pemerintah yang membunuh aktivis partai.

Partai tersebut tetap menjadi pemain pinggiran dalam politik Sri Lanka dan memenangkan kurang dari empat persen suara selama pemilihan parlemen terakhir pada tahun 2020.

Dissanyake menganggap revolusioner Marxis Che Guevara sebagai salah satu pahlawannya.

Sejak popularitasnya meningkat, ia telah melunakkan beberapa kebijakan, dengan mengatakan bahwa ia percaya pada ekonomi terbuka dan tidak sepenuhnya menentang privatisasi.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More