Apakah Israel Pernah Melakukan Serangan Pager dan Walkie-Talkie Sebelumnya?

Kamis, 19 September 2024 - 16:48 WIB
Menurut laporan media Israel dan Barat, sebuah senapan mesin seberat satu ton diselundupkan ke Iran dalam bentuk potongan-potongan oleh Mossad dan dipasang di bagian belakang truk pikap yang diparkir di pinggir jalan.

Otoritas Iran mengatakan senjata itu memiliki teknologi penargetan cerdas, hanya membunuh Fakhrizadeh di kursi belakang mobil, meninggalkan istrinya yang duduk di sebelahnya tanpa cedera.

Truk itu meledak untuk menghancurkan bukti setelah Fakhrizadeh meninggal.

Dalam dekade sebelum pembunuhan Fakhrizadeh, setidaknya lima ilmuwan nuklir lainnya dibunuh untuk mencoba menghambat program nuklir Iran, beberapa dengan bom lengket yang dipasang di mobil mereka yang sedang bergerak oleh agen bertopeng di atas sepeda motor.

Iran juga menyalahkan Israel atas beberapa serangan sabotase besar terhadap fasilitas nuklirnya, terutama instalasi Natanz bawah tanah di Isfahan.

Israel dan Amerika Serikat berada di balik virus Stuxnet yang terkenal yang merusak sistem dan menghancurkan sentrifus, yang memberikan pukulan terhadap program nuklir Iran pada tahun 2010.

Israel juga telah melakukan operasi siber di dalam Iran, termasuk serangan siber yang mengganggu layanan di sebagian besar stasiun bahan bakar di seluruh negeri pada bulan Desember 2023.

Bank, pelabuhan, sistem kereta api, bandara, dan infrastruktur sipil lainnya juga telah terkena dampak selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah langkah langka pada tahun 2018, Israel mengklaim telah mencuri banyak dokumen tentang program nuklir Iran pada awal tahun 2000-an.

Netanyahu memaparkan dugaan temuan tersebut di televisi nasional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More