5 Fakta Ledakan Pager di Lebanon, Berpotensi Meningkatkan Skala Konflik Israel-Hizbullah

Rabu, 18 September 2024 - 15:30 WIB

4. Tanggapan Lebanon



Menanggapi insiden ledakan pager, Kementerian Luar Negeri Lebanon menyebut insiden ini sebagai serangan siber Israel. Namun, mereka tidak memberikan rincian tentang cara mereka menganalisanya.

Sementara itu, Menteri Informasi Lebanon mengatakan ledakan tersebut menjadi serangan terhadap kedaulatan Lebanon. Beberapa pihak lain termasuk Hizbullah juga menuding Israel sebagai dalangnya.

5. Potensi Peningkatan Konflik Israel-Hizbullah



Para analis melihat adanya potensi peningkatan konflik antara Israel dan Hizbullah. Sebagaimana diketahui, ketegangan antara dua kubu ini semakin meruncing setelah perang Hamas-Israel dimulai pada Oktober lalu.

Matthew Levitt, seorang mantan wakil direktur kantor intelijen Departemen Keuangan AS mengatakan ledakan pager dapat mengganggu operasi Hizbullah untuk beberapa waktu. Namun, bukan berarti kelompok tersebut akan berdiam diri dan tidak melakukan pembalasan.

Awalnya, para pengamat mengatakan bahwa kedua belah pihak telah berupaya meredam permusuhan tanpa melewati batas dan menjadi perang skala penuh.

Namun, ada kekhawatiran bahwa situasi dapat berubah menjadi tidak terkendali setelah Hizbullah telah mengancam akan menanggapi ledakan di Lebanon dengan serius.

Itulah sejumlah fakta yang bisa diketahui tentang ledakan pager di Lebanon.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More