Israel dan AS Disalahkan atas Ledakan Ribuan Pager di Lebanon usai Peringatan Eskalasi

Rabu, 18 September 2024 - 07:44 WIB
"Israel menghargai dan menghormati dukungan pemerintahan Biden, tetapi pada akhirnya, Israel akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga keamanannya dan mengembalikan penduduk di utara ke rumah mereka dengan aman," ujar Netanyahu kepada Hochstein pada Minggu.

"Saya pikir yang terjadi adalah orang-orang khawatir bahwa mereka tidak membuat kemajuan apa pun di Gaza," ungkap Korb kepada Middle East Eye. "Dan (front baru) ini adalah salah satu jalannya. Iran memiliki pengaruh yang jauh lebih besar terhadap Hizbullah daripada terhadap Hamas."

Kekacauan



Masih belum diketahui secara pasti bagaimana perangkat pager itu dicurangi dan kemudian diledakkan.

Beberapa analis militer mengatakan kemungkinan ada keterlibatan pihak ketiga yang dikompromikan dalam produksi pager yang dapat diisi bahan peledak dan disebarluaskan.

"Pihak berwenang yang kompeten di Hizbullah saat ini sedang melakukan penyelidikan keamanan dan ilmiah yang luas untuk menentukan alasan yang menyebabkan ledakan serentak ini," ungkap pernyataan Hizbullah.

Menteri informasi Lebanon juga menyalahkan "agresi Israel" karena kementerian kesehatan mengonfirmasi sembilan kematian, termasuk seorang anak.

Rekaman kamera keamanan dari pasar dan toko menunjukkan ledakan kecil terjadi saat pembawa pager jatuh ke tanah, sementara yang lain menutup telinga mereka dan berlari.

Adegan-adegan dari dalam rumah sakit telah membebani sistem medis yang sudah rapuh, di negara yang berjuang melawan kurangnya tata kelola yang konsisten dan inflasi yang tidak terkendali.

Korban yang berlumuran darah tampaknya kehilangan jari, mata, dan terkadang seluruh anggota tubuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More