4 Alasan Iron Dome Israel Diganti Iron Beam, Salah Satunya Efektifkan Menghancurkan Drone

Senin, 16 September 2024 - 20:20 WIB
Foto/Kemhan Israel

Pejabat Israel mengatakan bahwa pasukannya sedang mengakhiri operasi di Gaza, dengan perhatian semakin beralih ke perbatasan Lebanon. Rencana sementara untuk serangan darat skala penuh Israel terhadap Hizbullah di Lebanon selatan telah menerima lampu hijau, menurut militer Israel.

Namun pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Washington sangat khawatir bahwa pertahanan udara Israel di utara dapat kewalahan oleh Hizbullah, jika perang besar-besaran berkecamuk di perbatasan utara Israel.

Aset pertahanan udara tambahan, yang mampu menghancurkan pesawat nirawak atau mortir Hizbullah, dapat memberi Israel perlindungan ekstra, jika berbagai jenis sistem pertahanan udaranya saat ini kewalahan.

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan kepada Newsweek bahwa pemerintah, bersama dengan industri Israel, melakukan "upaya terbaik untuk mempercepat solusi yang relevan terhadap konflik saat ini, yang disesuaikan dengan tuntutan pertempuran dan kondisi medan perang."

"Sistem Iron Beam sedang dikembangkan dalam jangka waktu yang cepat yang bergantung pada fase pengujian dan pengembangan, dengan upaya maksimal untuk memajukannya secepat dan seefektif mungkin guna memberikan solusi operasional bagi pasukan di lapangan," kata seorang juru bicara.

Iron Beam menggunakan teknologi laser untuk menghancurkan target di udara, seperti pesawat tanpa awak. Menurut Rafael, kontraktor utama sistem tersebut, sistem ini dapat mencegat ancaman dari jarak beberapa mil.



3. Jadi Bagian Sistem Pertahanan Udara

Iron Beam dirancang untuk dimasukkan ke dalam payung pertahanan udara, alih-alih menggantikan sistem yang sudah ada. Sistem ini mencakup Iron Dome milik Israel yang terkenal, sistem David's Sling jarak jauh, dan Arrow 3, yang menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berhasil mencegat target yang masuk untuk pertama kalinya pada bulan November.

Sistem ini memiliki jangkauan yang berbeda, yang dimaksudkan untuk menangkal berbagai ancaman mulai dari roket jarak pendek yang ditembakkan Hamas hingga rudal balistik jarak jauh Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More