Punya 2 Musuh Berbuyutan, Mengapa India Perkuat Kapal Selam dengan Rudal Berhulu Ledak Nuklir?

Senin, 16 September 2024 - 17:05 WIB
Kapal selam yang lebih besar dan rudal jarak jauh dilaporkan sedang dalam pengembangan, yang pada akhirnya dapat membuat India mengerahkan senjata berujung nuklir dengan jangkauan 12.000 kilometer (hampir 7.500 mil), kata Venkatesh.

4. Siaga Menghadapi Perang Nuklir dengan Pakistan

Menurut Abhijit Singh, peneliti senior di Observer Research Foundation di Mumbai, India tidak hanya melirik Tiongkok dalam pengembangan kapal selamnya.

“Dorongan nyata bagi India untuk memperluas kemampuan serangan kedua adalah pertumbuhan signifikan angkatan laut Pakistan dan Tiongkok di Samudra Hindia,” tulis Singh dalam opini untuk Hindustan Times, seraya menambahkan bahwa Islamabad sedang dalam proses memperoleh delapan kapal selam serang Tipe 039B rancangan Tiongkok saat memodernisasi armadanya.

“Pakistan terus mempersempit perbedaan kekuatan laut dengan India,” tulis Singh.

India dan Pakistan telah lama berselisih di wilayah Kashmir yang disengketakan dan sangat termiliterisasi, yang diklaim oleh kedua negara secara keseluruhan. Perbatasan de facto yang disebut Garis Kontrol membaginya antara New Delhi dan Islamabad. Perselisihan tersebut telah menyebabkan tiga perang antara kedua negara.

China tetap menjadi salah satu pendukung internasional terpenting Pakistan dan investor utama di negara tersebut.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More