Politik Dinasti Bangkit di Sri Lanka, Siapa Namal Rajapaksa?

Senin, 16 September 2024 - 13:35 WIB
Dengan harapan untuk menemukan kembali dirinya sebagai pemimpin muda dan modern yang terbebas dari masa lalu keluarganya yang ternoda, upaya Namal Rajapaksa mencerminkan upaya ayahnya, yang masih menikmati dukungan besar di antara beberapa pemilih yang menganggapnya telah menghancurkan separatis Tamil.

6. Memainkan Politik Identitas

Seperti ayahnya, Namal Rajapaksa mengenakan pakaian khas yang menonjolkan budaya Buddha Sinhala, dengan syal merah marun di lehernya, sarung, dan jubah putih. Selama kampanye, ia terlihat menyentuh kaki ayahnya dengan penuh hormat, sebuah praktik yang dianggap mulia oleh sebagian besar penduduk setempat. Ia juga berjanji untuk membebaskan negara kepulauan itu dari krisis utangnya, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan memberantas korupsi dengan mendigitalkan sistem administrasi.

Namun, banyak orang di Sri Lanka yang sudah muak dengan keluarga mereka, dan penentangan publik terhadap pencalonan Rajapaksa khususnya terlihat jelas di kalangan komunitas Tamil yang jumlahnya sekitar 11% dari populasi Sri Lanka.

Kelompok tersebut dihancurkan dalam serangan pemerintah tahun 2009 yang dipimpin oleh Mahinda dan Gotabaya Rajapaksa untuk mengakhiri perang saudara separatis yang meletus pada tahun 1983 dan menewaskan sedikitnya 100.000 orang di kedua belah pihak, dan banyak lagi yang hilang.

Meskipun tidak semua orang Tamil menjadi bagian dari atau mendukung kelompok pemberontak tersebut, kekalahan mereka secara efektif telah menjadi kekalahan politik bagi komunitas tersebut. Mereka juga menyalahkan keluarga Rajapaksa atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga sipil selama perang tersebut.

7. Masih Menyimpan Trauma

Velaiyan Sivaprakash, seorang Tamil yang bekerja sebagai auditor di Sri Lanka bagian tengah, mengatakan bahwa ia terus-menerus hidup dalam ketakutan akan kekerasan selama pemerintahan Rajapaksa dan meragukan apakah ia dapat tinggal di Sri Lanka lagi.

“Pemerintahan mereka seperti monarki dan mereka berperilaku seperti pangeran dan memperlakukan kami seperti budak,” kata Sivaprakash. “Mereka tidak boleh kembali berkuasa.”

Keluarga Rajapaksa masih memiliki banyak pendukung yang menghargai peran mereka dalam mengakhiri perang dan dalam proyek infrastruktur besar termasuk jaringan jalan raya, bandara, dan pelabuhan laut yang dibangun dengan pinjaman berbunga tinggi dari Tiongkok.

8. Masih Memiliki Loyalis

Meskipun banyak dari mereka yakin Namal Rajapaksa tidak memiliki peluang untuk menang, mereka mengandalkan prospek masa depannya.

“Saya akan memilih Namal karena saya mendapatkan pekerjaan saya di bawah pemerintahan ayahnya. Dia masih muda dan suatu hari dia bisa menjadi presiden,” kata R. M. Lasantha, yang bekerja sebagai tukang pipa di perusahaan minyak milik negara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More