Langka, China Kerahkan 3 Kapal Induk Sekaligus, Ada Apa?

Kamis, 12 September 2024 - 08:02 WIB
CNS Shandong yang bermarkas di Laut China Selatan merupakan kapal induk China kedua yang bertugas, tidak berada di dermaga di pelabuhan asalnya di Sanya di provinsi pulau selatan Hainan, menurut citra satelit yang diambil pada hari Minggu.

"Diyakini bahwa kapal induk [Shandong] berlayar untuk menghindari Topan Yagi, yang melanda wilayah tersebut selama akhir pekan," kata peneliti di Vietnam.

Topan tersebut menghantam Hainan pada hari Jumat, dan merupakan topan musim gugur terkuat yang mendarat di China sejak tahun 1949.

Namun, kapal induk tersebut terlihat di perairan sejauh 229 mil di tenggara Sanya pada hari Minggu. Bulan lalu, kapal induk tersebut dan tiga kapal perang lainnya sedang berlayar di Laut Filipina selama dua hari sebelum kembali ke Laut China Selatan, yang merupakan wilayah operasinya yang biasa.

Pada hari Senin, media pemerintah China merilis sebuah video tanpa tanggal yang memperlihatkan CNS Shandong dan kelompok penyerangnya melakukan apa yang disebutnya "latihan tempur" di Laut China Selatan dan Samudra Pasifik Barat, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan beroperasi di laut lepas.

Flat-tops tersebut merupakan kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri China. Pembangunan dimulai pada tahun 2013, dan kapal induk seberat 66.000 hingga 70.000 ton itu diluncurkan pada tahun 2017.

Ia secara resmi mulai beroperasi di Angkatan Laut China pada tahun 2019 setelah uji coba laut yang dimulai pada tahun 2018.

Sementara itu, CNS Fujian, kapal induk terbaru China, terlihat mendekati Laut Bohai pada hari Sabtu.

Kapal tersebut beroperasi lebih jauh ke utara di wilayah perairan tersebut pada hari Senin, menurut citra satelit.

CNS Fujian mulai melaut untuk uji coba laut keempatnya pada 3 September.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More