Pesawat F-16 Bantuan Barat Jatuh Ditembak Rusia, Presiden Ukraina Pecat Komandan AU

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 18:25 WIB
Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa kecelakaan itu tampaknya bukan akibat tembakan Rusia, dan kemungkinan penyebabnya, mulai dari kesalahan pilot hingga kegagalan mekanis, masih diselidiki.

F-16 adalah salah satu senjata yang dapat digunakan untuk menyerang pangkalan Rusia di belakang garis depan.

Oleschuk mengatakan di Telegram bahwa "analisis terperinci" telah dilakukan untuk mengetahui mengapa jet F-16 jatuh pada hari Senin, ketika Rusia meluncurkan serangan rudal dan pesawat nirawak besar-besaran ke Ukraina.

"Kita harus memahami dengan saksama apa yang terjadi, apa situasinya, dan siapa yang bertanggung jawab," tulis Oleshchuk dalam unggahannya sesaat sebelum pemecatannya, dilansir Al Jazeera.



Kecelakaan itu adalah laporan pertama tentang hilangnya F-16 di Ukraina, tempat pesawat tempur itu tiba pada akhir bulan lalu. Setidaknya enam pesawat diyakini telah dikirim oleh negara-negara Eropa.

Analis militer mengatakan pesawat-pesawat itu tidak akan menjadi pengubah permainan dalam perang, mengingat angkatan udara Rusia yang besar dan sistem pertahanan udara yang canggih. Namun pejabat Ukraina menyambut baik jet supersonik tersebut, yang dapat membawa senjata modern yang digunakan oleh negara-negara NATO, karena memberikan kesempatan untuk membalas superioritas udara Rusia.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kembali memohon kepada sekutu Barat agar tidak menghalanginya dalam memutuskan apa yang akan diserang di tanah Rusia.

“Semua mitra kami harus lebih aktif — jauh lebih aktif — dalam melawan teror Rusia,” kata Zelenskyy, dilansir AP. “Kami terus menegaskan bahwa tekad mereka sekarang — mencabut pembatasan serangan jarak jauh untuk Ukraina sekarang — akan membantu kami mengakhiri perang sesegera mungkin dengan cara yang adil bagi Ukraina dan dunia secara keseluruhan.”

Diplomat tertinggi Uni Eropa mendukung desakan Zelenskyy agar para pendukung internasional mengakhiri batasan mereka. Ukraina telah mengerahkan pesawat nirawak produksi dalam negeri untuk menyerang Rusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More