Otoritas Palestina: Serangan Israel ke Tepi Barat Sangat Mengerikan dan Berbahaya

Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:20 WIB
Serangan Israel ke Tepi Barat disebut oleh Otoritas Palestina sangat mengerikan dan berbahaya. Foto/AP
GAZA - Militer Israel mengalihkan perhatian dengan melancarkan serangan ke Tepi Barat. Itu dilakukan di tengah perundingan gencatan untuk mengakhiri perang di Gaza.

Juru bicara Otoritas Palestina, Nabil Abu Rudeineh, mengatakan bahwa perang Israel yang meningkat di Tepi Barat yang diduduki di kota-kota, desa-desa, dan kamp-kamp Jenin, Tulkarem, dan Tubas. :"Selain perang di Jalur Gaza, serangan di Tepi Barat akan menyebabkan hasil yang mengerikan dan berbahaya," kata Rudeineh, dilansir Al Jazeera.

Abu Rudeineh menambahkan bahwa operasi militer yang dimulai pada dini hari ini di Tepi Barat utara yang sejauh ini telah menyebabkan tewasnya sembilan orang dan melukai puluhan orang. "Itu merupakan perang menyeluruh terhadap rakyat Palestina, tanah mereka, dan tempat-tempat suci mereka," paparnya.



Dia mengatakan kebijakan Israel yang meningkat, penghancuran kota-kota, pembunuhan warga, penahanan, dan penjajahan, tidak akan membawa keamanan dan stabilitas bagi siapa pun.

Abu Rudeineh meminta AS untuk segera campur tangan dan memaksa otoritas Israel menghentikan perang menyeluruh mereka terhadap rakyat Palestina, "Dunia harus mengambil tindakan segera dan mendesak untuk mengekang pemerintahan ekstremis ini yang mengancam stabilitas kawasan dan dunia secara keseluruhan," katanya.

Sementara itu, pasukan Israel telah mengepung rumah sakit pemerintah utama di sana, dan Rumah Sakit Ibn Sina di dekatnya. Seorang rekan BBC di tempat kejadian mengatakan bahwa siapa pun yang ingin meninggalkan rumah sakit harus menunjukkan tanda pengenal kepada pasukan Israel, dan digeledah sebelum meninggalkan daerah tersebut.



Dia mengatakan penggeledahan juga terus berlanjut di kamp pengungsi di sana – sebuah pangkalan bagi kelompok bersenjata di Jenin, dan tempat terjadinya banyak pertempuran senjata sengit di masa lalu.

Diyakini bahwa serangan ke Tepi Barat tersebut adalah pertama kalinya sejak intifada kedua - pemberontakan besar Palestina dari tahun 2000 hingga 2005 - bahwa beberapa kota menjadi sasaran secara bersamaan dengan cara ini.

Media Palestina mengatakan bahwa jalan utama menuju Jenin telah ditutup - dengan laporan bentrokan bersenjata di kamp pengungsi kota, pasukan Israel memasuki rumah sakit dan serangan terhadap kendaraan di desa terdekat saat fajar. Pasukan Israel juga tampaknya telah memblokir dua rumah sakit di Tulkarm.

Serangan militer Israel di Nablus dilaporkan difokuskan pada dua kamp pengungsi di sana. Di kamp Far’a dekat Tubas, petugas medis mengatakan ambulans kesulitan menjangkau korban luka setelah dugaan serangan pesawat tak berawak Israel.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More