10 Tempat Paling Tercemar Radioaktif di Bumi

Rabu, 28 Agustus 2024 - 14:15 WIB

8. Semipalatinsk, Kazakhstan



Daerah yang dulunya berkembang pesat di timur laut negara itu, ‘The Polygon’ digunakan sebagai tempat pengujian senjata nuklir Uni Soviet dari tahun 1949 hingga 1989.

Hingga tahun 1991, risiko memasuki situs tersebut karena radioaktivitas tidak pernah disebutkan oleh pihak berwenang, yang lebih suka menyembunyikannya dan berpura-pura tidak ada.

Lebih dari 100 senjata ini bersifat atmosferik (dinyalakan di udara, diledakkan dari menara, atau ditembakkan dari tanah), sehingga sangat beracun bagi atmosfer di sekitarnya dan mengandung materi nuklir yang serius.

Para ilmuwan mengatakan 200.000 orang telah terluka atau terpengaruh oleh aktivitas di udara hingga saat ini.

Sisa dari aktivitas tersebut telah meninggalkan jejaknya di daratan, dengan lekukan dan kawah besar yang terukir di pedesaan.

Mirip dengan Mailuu-Suu di Kirgistan, tidak ada yang bisa dilihat selain lubang-lubang yang ditinggalkan akibat ledakan dan kerangka infrastruktur lama.

Tempat ini mendapat penilaian cukup tinggi dalam daftar ini karena radiasinya masih tinggi dan tidak ada yang suka itu saat liburan musim panas.

9. Hanford, Amerika Serikat



Wilayah yang menjadi bagian dari proyek bom atom AS, Hanford, Washington, paling dikenal sebagai bagian yang berkontribusi pada bom atom pertama.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More