3 Rudal Rusia yang Bisa Dipakai Hizbullah untuk Hantam Israel, Salah Satunya Kornet

Selasa, 20 Agustus 2024 - 15:23 WIB
Selain Rusia, Yakhont juga dioperasikan pihak lain. Tak hanya negara, kelompok militan seperti Hizbullah juga memakainya.

Mengutip Reuters, laporan media dan analis selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa Hizbullah memperoleh rudal Yakhont dari Suriah. Sebelumnya, rudal ini memang ditempatkan di sana untuk membantu Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara.

2. 9M133 Kornet



Berikutnya ada 9M133 Kornet. Senjata ini adalah rudal anti-tank berpemandu laser yang dikembangkan Rusia sejak 1990-an.

Mengutip MissileThreat, Kornet menjadi salah satu rudal anti-tank dengan jangkauan terjauh milik Hizbullah. Jangkauan efektifnya diperkirakan mencapai 5 km dan dilengkapi hulu ledak termobarik anti-tank atau penghancur bunker.

Rudal ini diklaim dapat menembus lapisan baja hingga setebal 1200 mm. Rusia menjual Kornet ke Suriah antara tahun 1990-1999.

Namun, kepemilikannya tiba-tiba berganti ke tangan Hizbullah. Senjata ini terbukti cukup efektif melawan tank Merkava Israel.

3. 9K115-2 Metis-M



Hizbullah juga memiliki 9K115-2 Metis-M. Oleh NATO, senjata itu diberi nama AT-13 Saxhorn-2—rudal anti-tank berpemandu (ATGM).

Rudal ini telah dikembangkan Rusia pada 1990-an. Memiliki jangkauan efektif 1,5 km, AT-13 dapat menembakkan hingga empat peluru per menit.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More