5 Fakta Serangan Mendadak Ukraina ke Wilayah Rusia, Salahnya Membangun Zona Penyangga

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:30 WIB
Foto/AP

Pejabat Ukraina mengatakan ingin membangun zona penyangga untuk mencegah penembakan di wilayahnya dari wilayah Kursk; Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan Ukraina telah ditembaki oleh Rusia lebih dari 2.000 kali dari wilayah tersebut musim panas ini.

Operasi tersebut juga dapat ditujukan untuk menyedot pasukan Rusia dari pertempuran di wilayah Donetsk di Ukraina timur, tempat Moskow telah membuat kemajuan yang lambat namun pasti.

Operasi tersebut juga menunjukkan perlawanan Ukraina yang gigih terhadap pasukan Rusia yang jauh lebih besar. Penasihat Zelenskyy Mykhailo Podolyak menyarankan bahwa dorongan ke wilayah Rusia dapat memperkuat posisi Ukraina dalam setiap negosiasi untuk mengakhiri perang.

Bagaimana tanggapan Rusia? Tampaknya ada rasa terkejut yang kuat di Rusia atas kecepatan dan skala operasi Ukraina, yang telah menyoroti kelemahan dalam melindungi negara dan menghancurkan narasi Kremlin bahwa Rusia sebagian besar tidak terluka oleh perang.

Presiden Vladimir Putin mengecamnya sebagai "provokasi skala besar" dan mengadakan pertemuan yang disiarkan secara nasional dengan pejabat keamanan tinggi untuk melaporkan operasi tersebut.

Rusia telah mengerahkan kembali sejumlah pasukan ke Kursk dari wilayah yang secara strategis penting di dekat kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv. Rusia tidak mungkin menarik seluruh unit tempur dari Ukraina timur tetapi dapat mengalihkan pasukan yang dimaksudkan untuk memperkuat garis depan di Donetsk, menurut kelompok analisis The Institute for the Study of War.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More