Apa yang Melatarbelakangi Kerusuhan Anti-Muslim di Seluruh Inggris? Ini Analisanya

Kamis, 15 Agustus 2024 - 09:01 WIB
“Kemungkinan besar Channel 3Now adalah aset Rusia yang bertujuan untuk menyebarkan informasi yang dimaksudkan untuk menyebabkan kerusakan daring dan menciptakan perpecahan di Inggris,” kata Logically dalam analisis yang diunggah di X, seperti dikutip AP, Kamis (15/8/2024).

Video media sosial mendorong orang-orang yang berpikiran sama untuk terlibat dalam jenis kerusuhan yang mereka lihat daring, kata Stephanie Alice Baker, seorang sosiolog di City University of London yang mempelajari perilaku massa dan sayap kanan.

“Selalu ada titik kritis di mana orang merasa berani dan mampu bertindak berdasarkan perasaan tersebut, dan biasanya saat itulah mereka melihat orang lain melakukan hal yang sama, bukan?’’ katanya.

Di Mana Kerusuhan Terjadi?



Lebih dari selusin kota dan kabupaten dilanda kerusuhan, termasuk London, Hartlepool, Manchester, Middlesborough, Hull, Liverpool, Bristol, Belfast, Nottingham, dan Leeds.

Beberapa kekerasan terburuk terjadi pada hari Minggu, ketika ratusan perusuh menyerbu Holiday Inn Express yang menampung para pencari suaka di kota Rotherham, di luar Birmingham.

Polisi yang mengenakan perlengkapan anti huru hara dilempari batu bata dan kursi saat mereka mencoba mempertahankan hotel dariPenyerang yang menendang jendela dan mendorong tempat sampah yang terbakar ke dalam. Beberapa jam kemudian, kelompok lain menyerang sebuah hotel di Tamworth, 70 mil ke selatan.

Apa Latar Belakang Kekerasan Ini?



Para agitator mengeksploitasi ketegangan yang sudah lama membara atas imigrasi dan, baru-baru ini, meningkatnya jumlah migran yang memasuki negara itu secara ilegal dengan menyeberangi Selat Inggris menggunakan perahu karet.

Kekhawatiran tersebut menjadi isu utama dalam pemilu bulan lalu, dengan mantan Perdana Menteri Rishi Sunak berjanji untuk menghentikan perahu-perahu itu dengan mendeportasi "imigran gelap" ke Rwanda.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More