Krisis Perbankan China Memburuk, 40 Bank Gulung Tikar

Rabu, 14 Agustus 2024 - 12:47 WIB
Krisis perbankan China memburuk, 40 bank dilaporkan telah gulung tikar. Foto/Asia Sentinel
BEIJING - Industri perbankan China sedang mengalami krisis besar. Dalam kurun waktu tujuh hari saja, seperti dikutip dari Mekong News pada Rabu (14/8/2024), 40 bank di China telah gulung tikar, dan laporan kejatuhan Bank Jiangxi telah menambah kesengsaraan bidang tersebut.

Para pakar memperingatkan bahwa situasi ini dapat berdampak serius pada ekonomi dunia.

Berita dari China menunjukkan rumor kebangkrutan salah satu bank. Website renminbao.com mengunggah laporan dari depan kantor pusat Bank Jiangxi, yang dikepung para nasabah yang khawatir di tengah rumor kebangkrutan. Bank tersebut sebelumnya telah memperingatkan bahwa labanya mungkin turun hingga 30 persen karena masalah pembayaran pinjaman dari nasabah.



The Economist membahas tentang apa yang terjadi dengan bank-bank di China. Laporan itu menyebutkan sekitar 3.800 bank di China dalam bahaya.



Bank-bank tersebut memiliki aset senilai 55 triliun yuan (sekitar USD7,5 triliun), yang merupakan 13 persen dari semua uang di bank-bank negara tersebut. Laporan itu juga menunjukkan bahwa bank-bank tersebut sudah lama tidak berjalan dengan baik dan memiliki banyak pinjaman macet.

Lebih lanjut, laporan The Economist menyatakan sejumlah besar bank itu telah memberikan pinjaman kepada pengembang dan pemerintah daerah, sehingga membuat mereka rentan terhadap dampak penurunan pasar real estate.

Para penulis laporan itu menyoroti bahwa sejumlah bank telah mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa pinjaman bermasalah mencapai 40 persen dari portofolio mereka.

Pengungkapan kesulitan bank yang jarang terjadi dapat menyoroti betapa seriusnya situasi tersebut. Pola yang sama terlihat pada perusahaan pengembangan properti di China.

Masalah yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan besar ini sebagian besar tidak pernah terdengar sampai pihak berwenang akhirnya mengakui adanya masalah yang berdampak pada seluruh sektor.

Penyerapan Bank



The Economist menunjukkan bahwa strategi utama China dalam menangani bank-bank kecil yang sedang berjuang adalah dengan "menyerapnya”. Dari 40 bank yang baru-baru ini menghilang, 36 berada di provinsi Liaoning dan diambil alih oleh bank bernama Liaoning Rural Commercial Bank.

Pengamat pasar mata uang kripto Sigma G juga telah meneliti keadaan di industri perbankan China. Dia mengidentifikasi sumber utama masalah tersebut sebagai kemerosotan tajam di pasar properti China.



Pengembang dan pemerintah daerah, yang terbebani utang berlebihan, tidak mampu membayar kembali pinjaman mereka, yang mengakibatkan turbulensi keuangan. Penurunan tajam nilai properti dan penghentian proyek konstruksi telah menambah tekanan pada struktur ekonomi.

Penulis artikel The Economist juga menyoroti masalah pinjaman bermasalah yang disembunyikan. Bank telah mempekerjakan perusahaan manajemen aset (AMC) untuk menyingkirkan pinjaman macet mereka, dengan demikian memproyeksikan kesan stabilitas.

Namun, pengawas perbankan baru, Badan Pengawas Keuangan Nasional (NAFR), telah mulai menindak metode ini dengan mengenakan denda dan meningkatkan pengawasan.

The Economist mengantisipasi bahwa ekonomi China berada di ambang fase pertumbuhan yang berkelanjutan dan terselubung. Sina_21st memperingatkan, era pertumbuhan yang didorong oleh kredit telah mencapai batasnya, dan hasilnya adalah perlambatan pertumbuhan China dan dampak merugikan pada ekonomi global. Perlambatan ekonomi China pada gilirannya akan memperparah masalah perbankan mereka.

Laporan itu, mengutip pakar, memperkirakan bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi China akan memperburuk masalah sektor perbankan. Ia berpendapat bahwa situasi ini kemungkinan akan berujung pada suntikan likuiditas yang besar, stimulus ekonomi, dan investor yang mencari perlindungan dalam aset berwujud.

Para pakar dari S&P, sebagaimana disebutkan dalam laporan The Economist, berpendapat bahwa perlu waktu hingga 10 tahun untuk memperbaiki sistem perbankan China. Namun, angka resmi mungkin tidak menunjukkan seberapa besar masalah sebenarnya.



Lautan Utang



Laporan People’s Bank of China tahun 2023 mengatakan bahwa 3.655 bank, yang memegang 98,28 persen dari semua uang di bank-bank China, relatif aman.

People’s Bank of China juga mengatakan bahwa risikonya sebagian besar ada pada bank-bank kecil dan menengah di daerah pedesaan. Laporan tersebut menambahkan bahwa bank-bank besar mendapat peringkat yang baik, yang berarti ekonominya stabil.

Apa yang menyebabkan masalah besar ini bagi bank-bank kecil? Banyak kota dan bahkan seluruh wilayah di China tenggelam di bawah lautan utang. Tingkat utang telah meningkat sedemikian rupa sehingga perwakilan dari pemerintah daerah mengirim delegasi ke Beijing pada musim semi.

Mereka tengah berunding untuk mencari cara membayar kembali pinjaman bernilai miliaran dolar. Beban utang yang belum dilunasi secara bertahap memberikan tekanan pada ekonomi regional, sehingga menimbulkan risiko bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kota-kota di China terlilit utang, terutama karena krisis real estate dan pandemi Covid-19. Dalam 10 tahun terakhir, banyak proyek pembangunan yang dibayar dengan uang pinjaman.

Proyek-proyek tersebut dimaksudkan untuk membantu daerah setempat tumbuh, tetapi setelah krisis Covid-19, pemerintah daerah tidak dapat terus berinvestasi. Pada saat yang sama, mereka masih harus membayar kembali uang yang mereka pinjam.

Goldman Sachs telah menghitung utang daerah-daerah utama di China mencapai sekitar USD13 miliar. Sebagian dari kewajiban ini berbentuk obligasi publik, dan kegagalan memenuhi kewajiban ini dapat berdampak buruk pada seluruh perekonomian.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More