Iran Ungkap Ismail Haniyeh Tewas karena Ledakan Proyektil Jarak Pendek

Senin, 05 Agustus 2024 - 15:02 WIB
Demonstran pro-Palestina memegang foto Ismail Haniyeh selama protes untuk mengutuk pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, di alun-alun Hagia Sophia, di Istanbul, Turki, 3 Agustus 2024. Foto/EPA-EFE/ERDEM SAHIN
TEHERAN - Kepala politik Hamas Ismail Haniyeh tewas akibat ledakan yang disebabkan "proyektil jarak pendek," menurut klaim Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

Iran menyalahkan Israel dan Amerika Serikat (AS) atas pembunuhan tersebut.

Dalam pernyataan pada Sabtu, IRGC, cabang militer Iran yang elit dan berpengaruh, mengklaim serangan mematikan terhadap Haniyeh di Teheran awal pekan ini "dirancang dan dilaksanakan oleh rezim Zionis dan didukung pemerintah kriminal Amerika."



Meskipun Yerusalem Barat tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya, pejabat Israel telah berulang kali berjanji melenyapkan pejuang Hamas sementara konflik berdarah di Gaza terus berlanjut.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Washington "tidak mengetahui atau terlibat dalam" pembunuhan tersebut.

IRGC juga mengatakan penyelidikan menemukan "operasi teroris dilakukan dengan menembakkan proyektil jarak pendek dengan hulu ledak sekitar tujuh kilogram" dari luar rumah tempat Haniyeh berada.

Pada Kamis, New York Times, mengutip pejabat Timur Tengah, melaporkan Haniyeh telah terbunuh oleh bom yang diledakkan dari jarak jauh yang diselundupkan ke wisma tamu sekitar dua bulan sebelum kematian Haniyeh.

Pembunuhan tersebut telah memperburuk situasi keamanan yang sudah tegang di Timur Tengah.

Serangan mendadak ke Israel oleh pejuang Hamas Oktober lalu memicu operasi darat Israel di daerah kantong itu yang telah menyebabkan kerusakan besar dan ribuan kematian.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More