Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

Senin, 05 Agustus 2024 - 17:55 WIB

3. Rekonsiliasi Hamas dan Fatah Jadi Momok



Foto/EPA

Rekonsiliasi nasional adalah satu kartu yang mungkin harus dimainkan Abbas.

Kesepakatan sejati dengan Hamas dapat menopang dukungannya yang menyedihkan di jalan Palestina dan memberikan dorongan untuk dimulainya kembali perundingan damai, yang telah menemui jalan buntu selama bertahun-tahun. Namun, Abbas tampaknya tidak cenderung untuk menempuh jalan itu.

4. Memilih Bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Presiden Abbas tidak akan melakukan perjalanan ke Doha untuk menghadiri pemakaman Haniyeh pada hari Jumat. Namun, ia akan menuju Arab Saudi pada hari Minggu untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang menunjukkan di mana prioritasnya berada; Abbas melihat Arab Saudi memegang kunci bagi potensi kebangkitan PA, bukan kaum Islamis di Gaza.

Dalam beberapa bulan terakhir, pejabat Saudi telah mengindikasikan kepada pimpinan Ramallah bahwa mereka akan melanjutkan pengiriman dukungan keuangan langsung, yang tiba-tiba dihentikan pada tahun 2016, dalam upaya untuk membantu meringankan situasi ekonomi PA yang buruk.

5. Popularitas Hamas Terus Naik di Tepi Barat

Perang di Gaza telah membuat popularitas Hamas dan Haniyeh melambung di Tepi Barat. Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan bulan lalu oleh lembaga jajak pendapat terkemuka Palestina Khalil Shikaki mencatat bahwa dukungan untuk Hamas di Tepi Barat mencapai 41%, dibandingkan dengan hanya 17% untuk gerakan Fatah pimpinan Abbas.

Hugh Lovatt, peneliti kebijakan senior di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, mengatakan pembunuhan tersebut kemungkinan akan meningkatkan popularitas Hamas di Tepi Barat.

“Dengan meningkatkan Popularitas Hamas di Tepi Barat dan semakin mengobarkan kemarahan rakyat terhadap pendudukan tersebut, pembunuhan Haniyeh oleh Israel akan semakin meminggirkan PA dan kepemimpinannya yang semakin tidak populer yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas, yang secara luas dianggap lebih memprioritaskan kerja sama dengan Israel dan AS daripada pembebasan nasional,” katanya.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More