Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

Senin, 05 Agustus 2024 - 17:55 WIB

2. Hanya Mengirim Delegasi Yakni Wakil Ketua Gerakan Fatah



Foto/EPA

Delegasi dari faksi Palestina Fatah akan ambil bagian dalam pemakaman kepala Hamas Ismail Haniyeh di Qatar yakni wakil Ketua Fatah, Mahmoud Al-Aloul, dan Sekretaris komite pusatnya, Jibril Rajoub, menghadiri upacara tersebut.

Rajoub adalah mantan kepala keamanan yang dalam beberapa tahun terakhir telah mempelopori upaya tulus untuk berdamai dengan Hamas, meskipun upaya ini sering kali dirusak oleh Abbas.

Aloul, seorang loyalis Abbas dan mantan komandan militer Fatah dari Nablus, berada di Cina bulan lalu, di mana ia menandatangani perjanjian persatuan baru dengan Hamas. Optimisme awal segera sirna dengan kesepakatan itu, yang menghindari beberapa masalah utama perpecahan antara kedua faksi Palestina dan tidak menghasilkan perubahan substansial.

Aloul bahkan mengatakan kepada para pembantunya bahwa perjanjian yang ditengahi oleh Tiongkok itu tidak menawarkan sesuatu yang baru dari garis besar sebelumnya yang juga gagal menghasilkan terobosan.

Meskipun telah menandatangani perjanjian itu, Aloul bahkan mengakui bahwa ia "tidak yakin Hamas benar-benar mencari rekonsiliasi, dan Abbas tidak terburu-buru untuk mewujudkannya," kata seorang sumber yang dekat dengannya kepada Al-Monitor.

“Orang-orang frustrasi dan sangat sedih [atas pembunuhan Haniyeh],” kata seorang pejabat Fatah di Ramallah, “tetapi para pemimpin politik di sini tidak terlibat."

Haniyeh telah menjadi pendukung utama Hamas untuk rekonsiliasi dengan Fatah. Dalam jangka panjang, pembunuhannya tidak mungkin melemahkan keinginan untuk persatuan nasional dalam gerakan tersebut. Banyak kandidat yang dijadwalkan untuk menggantikan Haniyeh, terutama Mashaal, telah berbicara di depan umum dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung penyatuan kembali dengan Fatah dan Otoritas Palestina.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More