Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

Senin, 05 Agustus 2024 - 17:55 WIB
Mahmoud Abbas tak menghadiri pemakaman pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Foto/EPA
GAZA - Ketidakhadiran Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada pemakaman pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Qatar menimbulkan pertanyaan besar di berbagai kalangan. Absennya Abbas menunjukkan bahwa dia masih memiliki dendam personal kepada Haniyeh.

Selain itu, ketidakhadiran Abbas juga memicu bahwa prospek rekonsiliasi Hamas dan Fatah hanya isapan jempol saja. Padahal, banyak tokoh dan pemimpin internasional yang ikut memberikan penghormatan terakhir bagi Haniyeh.

Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

1. Permusuhan Abadi antara Mahmoud Abbas dan Ismail Haniyeh





Foto/EPA

Bukan rahasia lagi bahwa hanya ada sedikit cinta yang tersisa antara pimpinan Otoritas Palestina (PA) yang berpusat di Ramallah dan Ismail Haniyeh. Keduanya telah berselisih selama bertahun-tahun, tetapi ketika berita tentang kematian kepala politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran tersebar, serangkaian pernyataan dari para pemimpin politik di Ramallah yang mengutuk serangan itu dan menjuluki Haniyeh sebagai pahlawan nasional pun bermunculan.

Meskipun ada simpati yang mendalam di antara warga Palestina di Tepi Barat terhadap mereka yang berada di Gaza, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar warga Palestina di Tepi Barat ingin melihat rekonsiliasi dengan Hamas, Presiden Palestina Mahmoud Abbas tidak menunjukkan minat yang nyata untuk menyatukan faksi-faksi Palestina sejak Fatah, partainya, diusir dari Jalur Gaza oleh Hamas pada tahun 2007.

Hal itu tidak berubah dengan terbunuhnya Haniyeh, yang menurut para analis dan orang dalam Fatah tidak mungkin terjadi perubahan paradigma.

Tanggapan paling menonjol dari Ramallah adalah panggilan telepon antara Menteri Urusan Sipil PA Hussein al-Sheikh — salah satu pembantu terdekat Abbas dan sosok yang sangat dibenci dalam jajaran Hamas — dan Khaled Mashaal, pejabat senior Hamas yang berbasis di Doha yang dijadwalkan untuk menggantikan Haniyeh sebagai kepala Hamas di luar Gaza.

Sheikh menggambarkan Haniyeh sebagai "pemimpin nasional" yang "kemartirannya merupakan kerugian besar bagi rakyat Palestina."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More