Siapa Dalang di Balik Kerusuhan yang Menarget Umat Islam di Inggris?

Senin, 05 Agustus 2024 - 15:15 WIB
Tersangka berusia 17 tahun dalam pembunuhan di Southport, yang didakwa dengan tiga tuduhan pembunuhan dan 10 tuduhan percobaan pembunuhan di Pengadilan Mahkota Liverpool pada hari Kamis, bukanlah seorang Muslim, dan dia juga bukan seorang migran. Axel Rudakubana, yang diberi nama setelah hakim mencabut pembatasan pelaporan yang berlaku karena usianya, lahir di Cardiff dari orang tua yang beremigrasi dari Rwanda.

5. Bermain di Media Sosial

Namun, unggahan di platform media sosial arus utama membagikan misinformasi yang "menimbulkan kebencian" tentang identitas penyerang, yang membantu "memobilisasi orang dalam skala besar", kata Hannah Rose, seorang peneliti di lembaga pemikir Institute for Strategic Dialogue.

Segera setelah serangan pada hari Senin, nama palsu mulai menyebar di X bersamaan dengan unggahan yang menuduh bahwa penyerang baru saja tiba di Inggris melalui perahu kecil dan bahwa dia seorang Muslim.

Pada pukul 3 sore pada hari Selasa, sehari setelah serangan, nama palsu tersebut telah menerima lebih dari 30.000 penyebutan di X dari lebih dari 18.000 akun unik, termasuk akun dengan tanda centang "terverifikasi", menurut ISD.

Infografis yang mempromosikan protes di Southport dan Whitehall juga dibagikan di TikTok dan aplikasi perpesanan Telegram yang berbasis di Dubai, sementara detail pengorganisasian dibagikan di X.

Algoritma rekomendasi — yang biasanya mempromosikan posting yang menerima, atau kemungkinan akan menerima, tingkat keterlibatan yang tinggi — membantu memperkuat misinformasi tentang penyerang.

Posting yang "sangat penuh kebencian" tetap beredar luas di X selama berjam-jam meskipun melanggar kebijakan platform yang dinyatakan, kata Rose. Baik TikTok maupun X tidak menanggapi permintaan komentar.

Hope Not Hate telah melacak rencana untuk lebih dari 30 protes sayap kanan di kota-kota di seluruh Inggris akhir pekan ini. Namun Laming mengatakan tidak ada "satu pun penyelenggara" untuk acara-acara ini.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More