Pembunuhan Ismail Haniyeh Aib Besar bagi Iran dan Keunggulan Israel

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:21 WIB
Analis berspekulasi bahwa Iran dapat menanggapi secara langsung, yang mungkin mencerminkan peluncuran ratusan pesawat nirawak dan rudal ke wilayah Israel pada bulan April setelah serangan mematikan di konsulat Iran di Damaskus.

Menurut Brodsky, tindakan lain yang mungkin dilakukan dapat melibatkan penargetan warga negara Israel secara global, meningkatkan aktivitas nuklir, mengganggu jalur pelayaran, atau menyerang situs diplomatik Israel.

Meskipun ada kemungkinan ini, sebagian besar pengamat setuju bahwa Teheran tidak mungkin melakukan perang skala penuh dengan Israel atau AS, menyadari bahwa Republik Islam Iran tidak mampu menanggung kerugian konflik seperti itu mengingat kerentanan internal dan inferioritas militernya.

Sabet mengatakan bahwa pembunuhan Haniyeh di Teheran dapat merusak kredibilitas Iran di mata sekutu regionalnya, sehingga menekan Teheran untuk membalas dengan cara tertentu meskipun ingin menghindari keterlibatan lebih jauh dalam perang Israel-Hamas.

Analis berpendapat bahwa mengingat waktu pembunuhan tersebut—yang terjadi hanya beberapa jam setelah penargetan seorang komandan tinggi Hizbullah—hal itu kemungkinan akan mendorong respons terkoordinasi dari Iran dan milisi sekutunya.

“Mengingat sifat serangan Israel, respons Iran kemungkinan besar akan mencakup serangan dari Iran sendiri dan anggota jaringan Poros Perlawanan lainnya,” kata Sabet.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More