5 Tokoh Senior Hamas yang Berpeluang Gantikan Ismail Haniyeh

Rabu, 31 Juli 2024 - 14:22 WIB


Mendiang Raja Hussein dari Yordania meminta PM Israel untuk memberikan penawar racun yang disuntikkan Meshaal. Menghadapi tekanan dari Presiden AS saat itu, Bill Clinton, Netanyahu memberikan obat penawar tersebut setelah awalnya menolak permintaan tersebut.

Meshaal, yang tinggal di Qatar, mengunjungi Jalur Gaza untuk pertama kalinya pada tahun 2012. Ia diterima oleh para pejabat Palestina dan banyak warga Palestina keluar untuk menyambutnya. Hamas memilih Ismail Haniyeh untuk menggantikan Meshaal sebagai kepala biro politiknya pada tahun 2017, dan Meshaal menjadi kepala biro politik kelompok tersebut di luar negeri.

3. Mahmoud Zahar



Mahmoud Zahar lahir di Gaza pada tahun 1945 dari ayah Palestina dan ibu Mesir. Ia dianggap sebagai salah satu pemimpin Hamas yang paling menonjol, dan anggota kepemimpinan politik gerakan tersebut.

Dia bersekolah di Gaza dan universitas di Kairo, kemudian bekerja sebagai dokter di Gaza dan Khan Younis sampai pemerintah Israel memecatnya karena posisi politiknya. Mahmoud Zahar ditahan di penjara Israel pada tahun 1988, beberapa bulan setelah berdirinya Hamas.

Dia termasuk di antara mereka yang dideportasi oleh Israel ke tanah tak bertuan pada tahun 1992, di mana dia menghabiskan waktu satu tahun. Dengan kemenangan gerakan Hamas dalam pemilihan umum Palestina pada tahun 2006, Zahar bergabung dengan Kementerian Luar Negeri di pemerintahan Perdana Menteri Ismail Haniyeh yang baru dibentuk sebelum akhirnya dibubarkan.

Israel berusaha membunuh Zahar pada tahun 2003, ketika sebuah pesawat menjatuhkan bom di rumahnya di Kota Gaza. Serangan itu menyebabkan dia mengalami luka ringan, namun menewaskan putra sulungnya, Khaled. Putra keduanya, Hossam, yang merupakan anggota Brigade al-Qassam, tewas dalam serangan udara Israel di Gaza pada tahun 2008.

4. Mohammed Deif



Deif memiliki status yang hampir mistis di Gaza karena kemampuannya menghindari pembunuhan. Deif memimpin Brigade Izz al-Din al-Qassam, cabang militer gerakan Hamas. Dia adalah sosok bayangan yang dikenal oleh orang Palestina sebagai The Mastermind, dan bagi orang Israel sebagai The Cat with Nine Lives.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More