9 Tokoh Hamas yang Tewas karena Agresi Israel, Salah Satunya Syaikh Yassin

Rabu, 31 Juli 2024 - 13:10 WIB

3. Adnan Al-Ghoul



Al-Ghoul terkenal sebagai 'Bapak Qassam' berkat karyanya dalam membangun sistem pengiriman roket Hamas yang ekstensif. Sebelum dibunuh Israel, ia juga bekerja sebagai asisten Yahya Ayyash.

Al-Ghoul dibunuh pada tahun 2004 dalam usia 42 tahun. Ia dibunuh oleh Israel yang melacaknya dan mengirim dua rudal tepat saat Al-Ghoul menaiki mobil.



4. Mahmoud al-Mabhouh



Mabhouh merupakan Kepala Staf Logistik Hamas. Ia juga sosok yang bertanggung jawab atas pengadaan sebagian besar persenjataan dan peralatan Hamas.

Namun ia Mabhouh dibunuh dengan sadis di kamar hotelnya di Dubai pada 2010. Pembunuhan terjadi setelah ia dilacak dengan cermat oleh 11 agen Mossad menggunakan paspor asing.

5. Hassan Akasha



Akasha merupakan tokoh sentral di Suriah yang bertanggung jawab atas serangan roket Hamas terhadap Israel. Militer Israel mengatakan Akasha telah "dihilangkan" di Beit Jinn, sebuah wilayah di bawah kendali pemerintah Suriah yang dekat dengan Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel.

"Dia adalah tokoh sentral yang bertanggung jawab atas roket yang ditembakkan Hamas dari wilayah Suriah ke Israel dalam beberapa pekan terakhir," kata militer dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip AFP, Selasa (9/1/2024). Pembunuhan itu terjadi di saat meningkatnya ketegangan regional ketika perang Israel melawan kelompok militan Palestina Hamas berkecamuk di Jalur Gaza.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More